Piala Dunia 2022: Rekam Jejak Tuan Rumah di Laga Pembuka

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 20 November 2022
Piala Dunia 2022: Rekam Jejak Tuan Rumah di Laga Pembuka
Timnas Qatar (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan dibuka dengan laga antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Meski berstatus debutan, Al-Annabi (julukan Timnas Qatar) punya peluang besar untuk memenangi pertandingan.

Partisipasi Qatar di Piala Dunia 2022 memang dipandang sebelah mata. Wakil Timur Tengah itu bisa berlaga di putaran final hanya bermodal status tuan rumah.

Sementara pada edisi-edisi sebelumnya, langkah Qatar selalu terhenti di babak kualifikasi. Mereka kalah bersaing dengan para raksasa Asia seperti Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, dan Iran.

Baca Juga:

Ada Penonton Bayaran di Piala Dunia 2022, Dapat Uang dan Makan Gratis

Piala Dunia 2022: Qatar Dihujani Kritik, Presiden FIFA Pasang Badan

Laga Pembukaan Piala Dunia 2022 Diterpa Isu Suap

Meski begitu, bukan berarti Qatar akan menjadi bulan-bulanan tim lain di Piala Dunia 2022. Tim asuhan Felix Sanchez tersebut telah melakukan persiapan matang untuk mewujudkan target lolos dari fase grup.

Duel kontra Ekuador pada laga pembuka di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11), pukul 23.00 WIB, akan menjadi ujian utama Timnas Qatar. Sang calon lawan merupakan salah satu kuda hitam yang cukup berpengalaman tampil di Piala Dunia.

Andai menelan kekalahan apalagi dengan skor telak, Hassan Al Haydos dan kawan-kawan berarti memang belum mencapai level Piala Dunia. Hal itu secara tak langsung akan menutup peluang Qatar untuk melaju lebih jauh.

Namun peluang Qatar untuk memenangi laga pembuka sebenarnya masih terbuka. Itu berkaca dari rekam jejak para tuan rumah di edisi sebelumnya.

Rusia berpesta gol ke gawang Arab Saudi pada laga pembuka Piala Dunia 2018.

Sejak edisi 2006, tuan rumah memang punya hak untuk tampil di laga pembuka Piala Dunia. Sebelumnya keistimewaan tersebut diberikan kepada juara bertahan.

Dari empat edisi saat tuan rumah tampil di laga pembuka, tuan rumah tidak pernah kalah. Tiga di antaranya bahkan keluar sebagai pemenang.

Jerman tampil perkasa saat tampil pada laga pembuka Piala Dunia 2006. Tim asuhan Jurgen Klinsmann sukses mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Empat tahun berselang, Afrika Selatan gagal mengikuti jejak Jerman. Wakil benua Afrika itu hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Meksiko.

Namun superioritas tuan rumah pada laga pembuka kembali tersaji pada dua edisi terakhir. Brasil (2014) dan Rusia (2018) mengawali kiprahnya di depan publik sendiri dengan kemenangan telak.

Brasil mengalahkan Kroasia dengan skor 3-1 pada laga pembuka Piala Dunia 2014. Sementara Rusia tanpa ampun menghancurkan Arab Saudi dengan skor 5-0 pada edisi 2018.

Dengan rekam jejak tersebut, Qatar berpeluang melanjutkan tren positif tuan rumah pada laga pembuka. Minimal mereka mengikuti jejak Afrika untuk mendapatkan satu poin.

Serba-Serbi Piala Dunia 2022 Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan