BolaSkor.com - Psywar atau lontaran kata pemain atau pelatih kala mengomentari calon lawan acapkali jadi 'bumbu' atau pelengkap keseruan jelang pertandingan. Itu dilakukan oleh pelatih timnas Kanada, John Herdman.

Selepas kekalahan 0-1 Kanada dari Belgia di laga pertama grup F Piala Dunia 2022, Herdman berdiri di tengah lapangan dengan para pemainnya dan menyindir Kroasia, "Saya memberitahu mereka (para pemain Kanada) mereka layak ada di sini (Piala Dunia). Dan kami akan bermain untuk melumat Kroasia, sesimpel itu," tuturnya.

Kroasia juga butuh kemenangan setelah imbang tanpa gol melawan Maroko. Sorotan publik juga besar kepada Luka Modric dkk karena mereka finalis dari Piala Dunia 2018 dan salah satu tim favorit lolos mendampingi Belgia di grup F.

Respons dari Zlatko Dalic, pelatih Kroasia, menilai apabila timnya layak mendapatkan respek dan menurutnya Herdman tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga

Prancis 2-1 Denmark: Kylian Mbappe Jadi Pembeda

Bintang Laga Polandia Vs Arab Saudi: Wojciech Szczesny Bikin Gigit Jari

Hasil dan Klasemen Grup C-D Piala Dunia 2022: Argentina Hidupkan Peluang

"Dengan cara seperti itu berkata maka itu bukan bentuk respek. Dengan cara kami bermain, bersikap, juga dengan cara kami respek kepada yang lain adalah alasan mengapa kami layak mendapatkan respek," tegas Dalic dikutip dari ESPN.

Ivan Perisic yang duduk di samping Dalic pada sesi konferensi pers juga setuju dengannya, "Saya setuju dengan pelatih dan saya tak sabar menanti pertandingan dimulai," imbuh pemain Tottenham Hotspur tersebut.

Respons fans Kroasia khususnya media di sana terkait ucapan Herdman tidaklah main-main. Bahkan media Kroasia, Croatia's 24 Sata memperlihatkan foto halaman depan Herdman dalam ilustrasi telanjang dengan daun, pola bendera Kanada, menutupi mulut dan alat kemaluannya dengan tulisan, "Anda punya mulut, tapi apakah Anda juga punya (keberanian) juga?"

Herdman, pelatih berpaspor Inggris, mengklarifikasi ucapannya dan menuturkan niatan menuturkannya. Dia tak bermaksud tak hormat kepada Kroasia, tetapi itu dilakukannya untuk menginspirasi pemain Kanada.

"Anda mengatakan hal-hal itu dalam momen yang berapi-api mencoba menginspirasi tim Anda dalam kerumuman, dan ketika Anda ditanyai apa yang Anda katakan di dalam itu, ya, itulah yang saya katakan," tambah Herdman

"Ini bukan tidak menghormati orang Kroasia dan tim nasional Kroasia secara besar-besaran. Saya sangat memahami di mana mereka berada di panggung dunia. Tetapi pada saat itu, Anda telah membawa orang-orang Anda ke tempat berikutnya," urainya.

Tak ayal itu akan menambah bumbu potensi serunya laga di antara kedua tim, Kroasia melawan Kanada di laga dua grup F di Khalifa International Stadium, Minggu (27/11) pukul 23.00 WIB.