Piala Dunia 2022: Sekelumit Masalah Meksiko, dari Rekor Buruk hingga Tudingan kepada Martino

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 November 2022
Piala Dunia 2022: Sekelumit Masalah Meksiko, dari Rekor Buruk hingga Tudingan kepada Martino
Timnas Meksiko (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Meksiko menjalani periode buruk di Piala Dunia 2022. Berada di grup C Meksiko menempati posisi buncit dengan satu poin dari dua laga, di bawah Polandia (empat poin), Argentina (tiga poin), dan Arab Saudi (tiga poin).

Meksiko akan memainkan laga terakhir melawan Arab Saudi dan masih punya asa lolos, tetapi dengan syarat mereka menang dan di laga lainnya Polandia mengalahkan Argentina. Kedua laga itu dihelat di waktu yang sama yakni Kamis (01/12) pukul 02.00 dini hari WIB.

Permasalahannya Meksiko saat ini dirundung dengan banyak hal negatif yang dapat memengaruhi kondisi skuad. Dengan kekalahan melawan Argentina maka Meksiko jadi tim paling sering menderita kekalahan dalam sejarah Piala Dunia.

Total tim berjuluk El Tri menelan 28 kekalahan dan di bawah mereka ada Argentina (24 kekalahan) dan Jerman (23 kekalahan). Meksiko juga sempat absen di Piala Dunia pada lima edisi berbeda. Meksiko juga sudah kebobolan total 103 gol.

Baca Juga:

Bintang Laga Belgia Vs Maroko: Hakim Ziyech, Otak dan Mesin Singa Atlas

Kroasia 4-1 Kanada: Jawaban Sempurna Vatreni

Hasil dan Klasemen Grup E-F Piala Dunia 2022: Imbangi Spanyol, Jerman Jaga Asa

Fans Meksiko

Fakta lainnya adalah Meksiko ada di tempat kelima dengan partisipasi terbanyak di turnamen FIFA, dengan 16 partisipasi plus satu di Piala Dunia 2022. Itu di bawah Brasil (21 kali), Jerman (19 kali), Italia (18 kali), dan Argentina (17 kali).

Rekor itu ditambah dengan fakta bahwa Meksiko satu-satunya negara dari CONCACAF yang tak mencetak gol di Piala Dunia 2022 sejauh ini, setelah imbang tanpa gol lawan Polandia dan kalah 0-2 lawan Argentina.

Hal tersebut semakin mematenkan status Meksiko yang sulit mencetak gol dalam kurun waktu dua tahun terakhir di bawah arahan Gerardo 'Tata' Martino. Bukan situasi yang ideal untuk Andres Guardado dkk.

Belum selesai sampai di situ pelatih mereka, Tata Martino, juga dituding sebagai 'mata-mata' yang diutus untuk menghancurkan Meksiko. Sekedar informasi Martino berasal dari Argentina dan terlihat akrab dengan pelatih Argentina, Lionel Scaloni.

"Sudah saya bilang, sudah saya bilang, Martino secara taktis mengirimkan permainan. Apa yang kita harapkan jika kami memiliki Kuda Troya di rumah kami? Siapa yang ingin dia menangkan? Kami? Mengapa dia sama sekali tidak melakukan apapun agar kami menang? Atau apakah dia ingin negaranya menang?" cetus analis ESPN, Alvaro Morales.

"Apakah dia secara taktis memberikan permainan garis lima? Melawan Islandia kami hampir kalah pada 2021, pada 2022 melawan Uruguay kami kalah, Tidak ada titik referensi penyerang tengah?"

"Dalam pertandingan melawan Paraguay kami tidak menggunakan striker dan kami kalah. Apa yang diharapkan Tata Martino dengan perubahan itu? Menempatkan hasil di piring perak? Apakah itu yang dia inginkan?"

"Tata, untuk siapa Anda melatih? Untuk kami atau untuk mereka? Siapa yang membayar Anda, hampir tiga juta setahun, mereka tidak akan membayar Anda di tempat lain. Kami adalah satu-satunya yang membayar Anda."

Segala situasi, aura negatif, hingga pemberitaan negatif tersebut kepada Martino bukan situasi ideal untuk Meksiko dengan asa yang masih ada untuk lolos. Hanya performa mereka di lapangan yang dapat menjawab segala keraguan tersebut.

Martino Tata martino Meksiko Timnas Meksiko Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.163

Bagikan