BolaSkor.com - Timnas Polandia keluar dari 'lubang jarum' dengan keberhasilan mereka lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022. Polandia beruntung dengannya karena di laga terakhir mereka kalah 0-2 melawan Argentina.

Pada Kamis (01/12) dini hari WIB di Stadium 974 Polandia kalah 0-2 dari gol Alexis Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67'). Polandia sepenuhnya tak berdaya melawan Argentina dengan 26 -persen penguasaan bola tanpa satu pun tendangan tepat sasaran.

Sementara Argentina punya 23 percobaan tendangan dan 12 di antaranya tepat sasaran dai 74 persen penguasaan bola. Argentina lolos sebagai pemuncak klasemen grup C dengan enam poin, finish di atas Polandia (empat poin), Meksiko (empat poin), dan Arab Saudi (tiga poin).

Pada akhirnya Arab yang sempat mengejutkan dunia dengan kemenangan 2-1 atas Argentina gagal lolos ke fase gugur. Tetapi Polandia juga lolos dengan keberuntungan karena mereka menang dari selisih gol setelah Meksiko menang 2-1 atas Arab Saudi.

Baca Juga:

Bintang Laga Polandia Vs Argentina: Alexis Mac Allister Meringankan Beban Tim Tango

Hasil dan Klasemen Akhir Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Juara Grup, Polandia Dinaungi Keberuntungan

Piala Dunia 2022: Rahasia Wojciech Szczesny Tepis Penalti Lionel Messi

Di balik keberhasilan Polandia lolos itu tak lepas dari peran kiper berusia 32 tahun, Wojciech Szczesny. Penjaga gawang Juventus tersebut menepis tendangan penalti Lionel Messi setelah sebelumnya menepis penalti pemain Arab, Salem Al-Dawsari.

Menepis dua penalti beruntun merupakan kombinasi dari keberuntungan, pengalaman, dan kualitas. Terlebih itu memberikan keunggulan selisih gol bagi Polandia atas Meksiko. Szczesny pun mengakui beruntung dapat menepis dua penalti tersebut.

"Saya beruntung dua kali di kompetisi ini. Ini momen hebat dalam karier pemain, Piala Dunia maksimal dan ini spesial. Ada juga sedikit kerja keras darinya (tepis penalti) juga, tapi untuk menepis penalti Messi Anda juga butuh keberuntungan," papar Szczesny kepada RAI Sport.

Dua pandit sepak bola asal Inggris, Rio Ferdinand dan Alan Shearer, bahkan memuji mantan kiper Arsenal tersebut dengan penyelamatan yang dilakukannya.

"Szczesny salah satu penepis penalti terbaik di dunia. Kiper-kiper serta pelatih akan menganalisisnya," ucap Ferdinand. "Penyelamatannya itu benar-benar bagus," imbuh Shearer.

Uniknya, pada laga melawan Argentina juga Szczesny bercanda sempat berbicara kepada Messi dan bertaruh. Ia yakin wasit laga Danny Makkelie tidak akan memberi Argentina penalti setelah mengecek VAR.

Itu terjadi kala ada momen kontroversi ketika Szczesny mengenai wajah Messi dengan tangannya kala coba menyambut bola udara yang datang. Szczesny tidak yakin itu penalti tapi pada akhirnya Makkelie memberikan keputusan yang berbeda.

"Kami berbicara sebelum penalti dan saya katakan akan bertaruh dia 100 euro bahwa dia (wasit) tidak akan memberikannya," ungkap Szczesny.

"Jadi saya kalah taruhan melawan Messi. Saya tidak tahu apakah itu diperbolehkan di Piala Dunia - saya mungkin akan dilarang karena itu! Tapi saya tidak peduli sekarang. Saya tidak akan pergi untuk membayarnya juga - dia tidak peduli dengan 100 saya pikir dia sudah cukup."