Piala Eropa 2020: 10 Tim Lolos, 14 Tiket Masih Direbutkan Negara-negara Besar

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 15 November 2019
Piala Eropa 2020: 10 Tim Lolos, 14 Tiket Masih Direbutkan Negara-negara Besar
Piala Eropa 2020 (@UEFAEURO)

BolaSkor.com - Terhitung sampai Jumat (15/11) dini hari WIB, sudah ada 10 tim dari Eropa yang berhasil mendapatkan tiket fase grup Piala Eropa 2020 yang akan berlangsung 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Sisa 14 tiket lainnya masih dipertarungkan negara lainnya.

Di antara tim-tim yang masih bertarung merebutkannya, dalam kategori negara besar adalah: Portugal, Jerman, dan Belanda. Sementara Wales, Irlandia Utara, masih dalam pertarungan untuk merebutkan tiket tersisa.

Negara-negara yang baru ini memastikan tiket ke Piala Eropa 2020 adalah Inggris, Republik Ceko, Prancis dan Turki. Termasuk keempat negara tersebut, ada juga Belgia, Italia, Rusia, Polandia, Ukraina, dan Spanyol, yang telah lolos terlebih dahulu ke fase grup.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Timnas Inggris Raih Satu Tiket, Cristiano Ronaldo Cetak Hat-trick

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Spanyol Genggam Satu Tiket, Italia Menang Besar

Ancam Posisi Ernesto Valverde, Ronald Koeman Tak Tutup Peluang Latih Barcelona

Menilik persaingan dari grup A hingga J Kualifikasi Piala Eropa 2020, berikut penjabaran mengenai tim-tim yang masih berpeluang lolos ke Piala Eropa 2020, menurut referensi dari BBC Sport:

Piala Eropa 2020

Grup A

Dari grup ini Inggris dan Ceko telah dipastikan lolos sebagai dua tim teratas dengan raihan 18 dan 15 poin. Montenegro dan Bulgaria sudah tertutup peluangnya karena meraih tiga poin (tak lagi bisa mengejar posisi atas klasemen).

Sementara di tempat ketiga, Kosovo hanya berharap ada di seed teratas agar bisa bermain di play-off. Mereka saat ini ada di peringkat tiga dengan raihan 11 poin.

Klasemen Grup A: Inggris (18 poin), RepubliK Ceko (15 poin), Kosovo (11 poin), Montenegro (tiga poin), Bulgaria (tiga poin)

Grup B

Ukraina lolos sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 19 poin dari tujuh laga. Posisi runner-up masih seru diperebutkan Serbia dan juara Piala Eropa 2016, Portugal. Cristiano Ronaldo dkk duduk di urutan dua dengan raihan 14 poin, terpaut hanya satu poin dari Serbia di tempat ketiga.

Apabila Portugal, yang baru menang 6-0 atas Lithuania, menaklukkan Luksemburg di akhir pekan ini maka mereka bisa mendapatkan tiket Piala Eropa 2020. Sementara jika mereka imbang (apalagi kalah), Serbia menang melawan Ukraina, maka mereka yang akan lolos sebagai runner-up.

Serbia tidak bisa lolos dengan hasil imbang kontra Ukraina (lalu perolehan poin sama dengan Portugal), sebab Portugal unggul head to head atas Serbia.

Klasemen Grup B: Ukraina (19 poin), Portugal (14 poin), Serbia (13 poin), Luksemburg (empat poin), Lithuania (satu poin)

Timnas Portugal

Grup C

Lebih realistis di grup ini apabila Irlandia Utara mencoba meraih tiket Piala Eropa 2020 melalui jalur play-off, tempat ketiga dan berharap jadi unggulan teratas untuk tim peringkat tiga terbaik. Pasalnya, cukup sulit bagi mereka mendepak Belanda dan Jerman.

Belanda dan Jerman diprediksi akan mengamankan dua tiket ke Piala Eropa 2020 jika memenangi laga mereka berikutnya (keduanya sama-sama meraih 15 poin). Sementara Irlandia Utara meraih 12 poin.

Uniknya, Belanda dan Jerman itu jadi dua lawan berikutnya yang dilawan Irlandia Utara. Butuh keajaiban dari mereka mengalahkan keduanya di laga kandang dan tandang.

Klasemen Grup C: Belanda (15 poin), Jerman (15 poin), Irlandia Utara (12 poin), Belarusia (empat poin), Estonia (satu poin)

Grup D

Persaingan yang cukup rumit terjadi di grup ini. Republik Irlandia (12 poin), Denmark (12 poin), dan Swiss (11 poin), masih berpeluang mengamankan dua tiket ke Piala Eropa 2020. Apalagi, Republik Irlandia masih akan bertemu dengan Denmark pada Senin mendatang.

Swiss juga masih bisa mengkudeta salah satu posisi di antara kedua tim tersebut dan mendapatkan tiket lolos otomatis ke Piala Eropa 2020.

Klasemen Grup D: Republik Irlandia (12 poin), Denmark (12 poin), Swiss (11 poin), Georgia (delapan poin), Gibraltar (nol poin)

Grup E

Wales, meski saat ini ada di urutan empat dengan raihan delapan poin, masih berpeluang lolos ke Piala Eropa 2020. Tim asuhan Ryan Giggs harus mengalahkan Azerbaijan dan Hungaria, lalu Slovakia gagal meraih poin penuh melawan Kroasia atau Azerbaijan, jika ingin lolos ke Piala Eropa 2020.

Wales tidak boleh kalah ketika melawan Azerbaijan di Baku pada laga berikutnya. Kalah maka kans mereka ke Piala Eropa tertutup. Kroasia bisa lolos jika imbang melawan Slovakia, sementara Hungaria dan Slovakia masih akan bertarung hingga laga terakhir grup.

Klasemen Grup E: Kroasia (14 poin), diikuti Hungaria (12 poin), Slovakia (10 poin), Wales (delapan poin).

Grup F

Swedia di atas angin. Kemenangan melawan Rumania di laga berikutnya sudah cukup mengamankan posisi mereka di fase grup Piala Eropa, menyusul Spanyol. Sementara Rumania dan Norwegia berharap Swedia terpeleset untuk bisa mendapatkan posisi runner-up.

Klasemen grup F: Spanyol (20 poin), Swedia (15 poin), Rumania (14 poin), Norwegia (11 poin).

Grup G

Satu tiket telah diamankan oleh Polandia yang mengoleksi 19 poin. Satu tempat tersisa berpeluang besar diamankan oleh Austria. David Alaba dkk sudah bisa lolos ke Piala Eropa apabila bermain imbang melawan Makedonia Utara di laga brikutnya.

Klasemen Grup G: Polandia (19 poin), Austria (16 poin), Makedonia Utara (11 poin), Slovenia (11 poin), Israel (11 poin), Latvia (nol poin).

Grup H

Persaingan di grup ini telah berakhir. Prancis dan Turki sudah meraih tiket ke Piala Eropa 2020, sementara Islandia akan bertarung merebutkan tiket via jalur play-off. Perebutan di area ini hanya posisi satu alias juara grup H.

Klasemen Grup H: Prancis (22 poin), Turki (20 poin), Islandia (16 poin), Albania (13 poin), Andora (empat poin), dan Moldova (tiga poin).

Timnas Prancis

Grup I

Sama seperti grup H, persaingan grup ini telah berakhir karena Belgia dan Rusia sudah mengamankan tiket Piala Eropa 2020. Belgia juara grup I dan Rusia sebagai runner-up. Lalu Skotlandia akan bermain di play-off. Meski menempati peringkat empat klasemen saat ini, Skotlandia tetap bermain di play-off karena penampilan mereka di UEFA Nations League.

Klasemen Grup I: Belgia (24 poin), Rusia (21 poin), Siprus (10 poin), Skotlandia (sembilan poin), Kazakhstan (tujuh poin), San Marino (nol poin).

Grup J

Italia sudah mengunci posisi puncak grup J. Tak ayal semua kini bergantung kepada Finlandia untuk mendampingi Italia dari grup J. Jika mereka menang atas Liechtenstein di laga berikutnya, maka otomatis Finlandia akan lolos untuk kali pertama di turnamen besar.

Klasemen grup J: Italia (24 poin), Finlandia (15 poin), Armenia (10 poin), Bosnia Herzegovina (10 poin), Yunani (delapan poin), Liechtenstein (dua poin).

Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Portugal Timnas Jerman Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan