Piala Eropa 2020 - 6 Pemain Kunci Denmark Selain Christian Eriksen

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Juni 2021
Piala Eropa 2020 - 6 Pemain Kunci Denmark Selain Christian Eriksen
Timnas Denmark 4-0 Wales (@EURO2020)

BolaSkor.com - Keberhasilan timnas Denmark melaju hingga perempat final Piala Eropa 2020 sejauh ini jadi cerita cinderella yang menarik atensi dan tidak terduga sebelumnya. Bagaimana tidak, Denmark mengawali fase grup dengan dua kekalahan beruntun.

Denmark kalah 0-1 dari Finlandia, lalu 0-2 dari Belgia di fase grup B, dan kemudian menang telak 4-1 atas Rusia. Tidak banyak tim yang cukup beruntung keluar dari 'lubang jarum' ketika sudah kalah di dua laga awal grup.

Denmark arahan Kasper Hjulmand tidak patah arang dan menjaga harapan. Kemenangan telak atas Rusia langsung membawa mereka finish sebagai runner-up grup B di bawah Belgia, meski poin Denmark sama dengan Finlandia dan Rusia tapi mereka menang selisih gol.

Pada 16 besar Piala Eropa 2020 yang baru ini berlangsung di Amsterdam ArenA, Sabtu (26/06) malam WIB, Denmark melanjutkan perjalanan indah mereka dengan kemenangan 4-0 atas Wales dari dua gol Kasper Dolberg, Joakim Maehle, dan Martin Braithwaite.

Baca Juga:

Denmark Sang Kuda Hitam: Talenta Muda, Inspirasi Eriksen, dan Roligans

Piala Eropa 2020 - Denmark 4-0 Wales: Kisah Indah Danish Dynamite Terus Berlanjut

Denmark, 'Dinamit' yang Terus Meledak Ciptakan Rekor

Timnas Denmark

Segala pencapaian yang dilakukan Simon Kjaer dkk sampai sejauh ini menjadikan mereka tim kuda hitam turnamen. Hebatnya lagi, Denmark melakukannya tanpa Christian Eriksen yang masih dalam pemulihan setelah sempat kolaps akibat serangan jantung.

Absennya Eriksen menjadi motivasi bagi skuad Denmark, tetapi melakukannya tanpa Eriksen yang notabene bintang tim dengan torehan 36 gol dari 108 caps (dan posisinya gelandang) merupakan pencapaian yang hebat.

BolaSkor.com coba menganalisis dari informasi berbagai sumber mengenai bintang-bintang Denmark dalam skuad terkini, atau pemain-pemain kunci selain Eriksen yang membawa Denmark ke-16 besar Piala Eropa 2020, siapa saja?

1. Simon Kjaer

Tidak selamanya menilai kontribusi atau peran besar pemain dari gol atau assist bagus berbuah gol, Simon Kjaer punya cara memperlihatkan perannya dengan menjadi pemimpin tim dan juga di jantung pertahanan Denmark.

Bek AC Milan berumur 32 tahun sudah memiliki 107 caps dan tiga gol sejauh ini di Denmark. Pada taktik tiga bek Kjaer tampil disiplin, solid, dan menjadi pemimpin bagi Andreas Christensen dan Jannik Vestergaard dalam taktik tiga bek Denmark.

2. Joakim Maehle

Semusim bermain di Atalanta pasca pindah dari Genk sudah menanamkan filosofi main Atalanta arahan Gian Piero Gasperini di benak Joakim Maehle. Full-back berusia 24 tahun menorehkan dua gol di dua laga dan posisinya adalah bek.

Maehle ditempatkan sebagai bek sayap kiri dan kemampuannya semakin maksimal dalam membantu serangan sampai ia dipuji oleh Flemming Poulsen, juara Piala Eropa 1992 dengan Denmark.

"Dia (Maehle) tak punya transmisi mundur. Dia hanya berpikir maju ke depan dan Maehle mewakili segalanya yang diinginkan Hjulmand," tutur Poulsen.

3. Pierre-Emile Hojbjerg

Apabila Prancis punya N'Golo Kante maka Denmark memiliki Pierre-Emile Hojbjerg dengan peran yang sama: gelandang bertahan. Melapis lini belakang, menangkal serangan balik, lalu melakukan transisi bermain adalah peran utama mereka.

Seperti Kante, Hojbjerg (25 tahun) juga melakukannya dengan baik di Denmark. Pemain Tottenham Hotspur menjaga keseimbangan di lini tengah hingga tak banyak pemain lawan yang leluasa bergerak di area itu.

4. Mikkel Damsgaard

Tinggal menunggu waktu bagi pemain berusia 20 tahun diincar klub top Eropa dan berlabuh di sana pada masa depan. Mikkel Damsgaard menorehkan dua gol dari dua laga dan menjadi salah satu pemain muda yang menyita perhatian.

Posisi bermainnya penyerang sayap atau sentral dan Damsgaard saat ini bermain di Serie A dengan Sampdoria. Dolberg bahkan senang berduet dengannya di lini depan bersama juga dengan Braithwaite.

"Dia (Damsgaard) pemain yang sangat bagus. Dia punya mata bagus untuk melihat pergerakan rekan setim dan sebagai penyerang, Anda tak bisa berharap lebih lagi dari itu," ujar Dolberg mengenai Damsgaard.

5. Kasper Schmeichel

Putra legenda Manchester United dan Denmark, Peter Schmeichel. Kasper Schmeichel (34 tahun) tak tergantikan di bawah mistar gawang Denmark dengan catatan 65 caps dan saat ini membela Leicester City.

Kesigapan serta inisiatifnya dengan maju ke depan dalam kondisi tertinggal jadi senjata utama Schmeichel. Dia pernah merasakan kisah cinderella menjadi nyata dengan juara Premier League 2016 dengan Leicester City. Akan sangat sempurna jika Schmeichel mengulanginya di Piala Eropa 2020.

6. Martin Braithwaite

Denmark dalam generasi terkini memiliki banyak opsi penyerang di lini depan dari Dolberg, Damsgaard, Yussuf Poulsen, Andreas Cornelius, hingga Martin Braithwaite. Tapi nama yang disebut terakhir memiliki catatan gol terbanyak (sembilan gol) dari 50 caps.

Striker Barcelona berusia 30 tahun dapat bermain sebagai penyerang kedua, sayap, hingga sentral. Pergerakan dengan atau tanpa bola menjadi pembeda permainan Braithwaite ketimbang Poulsen atau Cornelius.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Denmark Timnas denmark Trivia Sepak Bola Christian eriksen Kasper Dolberg Simon Kjaer Kasper Schmeichel Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.169

Bagikan