BolaSkor.com - Republik Ceko meraih tiket ke perempat final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Belanda pada laga 16 besar di Puskas Arena, Budapes, Minggu (27/6) malam WIB. Dua gol Ceko dicetak Tomas Hole pada menit ke-68 dan Patrik Schick (80).

Pada laga ini Belanda harus tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-55 menyusul kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt. Lokomotif Ceko lolos ke perempat final dan akan berhadapan dengan Dinamit Denmark.

Baca Juga:

Statistik Berbicara: Belgia Sulit Menang Kontra Portugal

Piala Eropa 2020: Satu Kehebatan Ronaldo yang Ingin Dikuasai Lukaku

Belgia Vs Portugal: Vertonghen Komentari Permainan Cristiano Ronaldo

Jalannya Pertandingan

Pada laga kali ini pelatih Belanda Frank de Boer hanya melakukan satu perubahan dari tim yang ditampilkan saat mengalahkan Makedonia Utara. De Boer mencadangkan Ryan Gravenberch dan memainkan Marten de Roon. Untuk urusan menyerang lawan, Belanda menurunkan duo M&M, Memphis Depay dan Donyell Malen.

Di kubu Republik Ceko, pelatih Jaroslav Silhavy melakukan tiga perubahan dari skuad yang tampil pada laga sebelumnya. Kali ini Silhavy memainkan Pavel Kaderabek, Petr Sevcik, dan Antonin Barak yang menggantikan Jan Boril, Vladimir Darida, dan Jakub Jankto.

Belanda yang menurunkan lima pemain yang aktif dalam melakukan serangan mencoba menekan lawan sejak awal laga. Kecepatan para penyerang Belanda, terutama dari kedua sisi lapangan, langsung merepotkan Ceko.

Laga belum genap 15 menit, De Oranje sudah empat kali mendapatkan sepak pojok. Meski demikian, gempuran pasukan De Boer masih belum membuat kiper Ceko Tomas Vaclik melakukan penyelamatan.

Pada menit ke-21, peluang emas malah didapat Ceko. Sevcik yang menusuk dari sisi kanan melepaskan umpan silang ke depan gawang Belanda yang disambar Tomas Soucek. Sayang bola tandukan Soucek masih melebar dari gawang Maarten Stekelenburg.

Permainan fisik yang dijalankan Ceko mampu meredam Belanda. Anak asuh Silhavy dengan mampu dengan cepat menutup ruang di lini tengah. Alhasil, Ceko mulai bisa melnacarkan serangan.

Pada menit ke-28, penyerang andalan Ceko Patrik Schick melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa dengan mudah dikuasai Maarten Stekelenburg.

Rep Ceko kembali menciptakan peluang pada menit ke-36. Lewat serangan balik cepat, Barak yang mendapatkan umpan di kotak penalti gagal memaksimalkan kesempatan. Bola sepakannya masih dapat diblok Matthijs de Ligt.

Intensitas permainan meningkat di lima meint terakhir babak pertama. Namun tidak ada gol yang tercipta hingga jeda.

Di babak kedua tempo permainan sedikit menurun. Belanda lebih banyak menguasai bola sembari mencari kesempatan melancarkan serangan.

Peluang datang bagi Belanda pada menit ke-52. Malen tewat skill apik mampu melepaskan diri. Namun Malen yang tinggal berhadapan dengan kiper gagal mencetak gol. Vaclik dengan gemilang mampu menghentikan usaha Malen.

Selang beberapa saat kemudian, giliran Ceko melakukan serangan balik cepat yang berbuntut pelanggaran yang dilakukan De Ligt. Namun setelah melihat VAR, wasit menilai De Ligt sengaja menyentuh bola dengan tangannya. Alhasil kartu merah dikeluarkan wasit kepada De Ligt.

Tebsi permainan semakin panas. Kontak fisik antarpemain acap terjadi. Pada menit ke-61, wasit kembali membutuhkan bantuan VAR. Kali ini untuk mengecek keungkinan penalti untuk Ceko karena bola terlihat mengenai tangan Dumfries. Namun wasit memutuskan tidak memberikan penalti.

Menit ke-63, Ceko mendapatkan kans lewat Kaderabek yang berdiri bebas di kotak penalti Belanda. Namun usahanya secara gemilang mampu diblok Dumfries.

Republik Ceko akhirnya berhasil unggul pada menit 68. Menerima tendangan bebas dari sisi kiri, Kalas di tiang jauh menanduk bola ke depan gawang yang diteruskan oleh Holes menjadi gol. Ceko unggul 1-0.

Tampil defisit pemain, Belanda terus mendapatkan tekanan dari Ceko. Alhasil, gawang Belanda kembali jebol pada menit ke-80. Kali ini gol lahir dari Patrik Schick yang meneruskan umpan pencetak gol pertama, Tomas Holes.

Hingga laga usai, Republik Ceko mampu mempertahankan keunggulan 2-0 atas Belanda. Sementara Belanda hingga laga usai belum mampu mencatatkan tembakan tepat sasaran. Ceko pun memastikan tempat di perempat final dan akan menghadapi Denmark di Baku, Sabtu (3/7) malam WIB.

Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Maarten Stekelenburg; Stefan De Vrij, Matthijs De Ligt, Daley Blind (Timber 81); Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon (weghorst 73), Patrick Van Aanholt (Berghuis 81); Georginio Wijnaldum; Memphis Depay, Donyell Malen (Promes 57).

Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Pavel Kaderabek; Petr Sevcik (Hlocek 85), Tomas Soucek; Lukas Masopust (Jankto 79), Tomas Holes (Kral 85), Antonin Barak (Sadlek 90); Patrik Schick (Krmencik 90)

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini