Piala Eropa 2020: Belgia Kalahkan Portugal dengan Cara Tak Biasa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 28 Juni 2021
Piala Eropa 2020: Belgia Kalahkan Portugal dengan Cara Tak Biasa
Belgia vs Portugal (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Belgia mampu mengalahkan Portugal untuk menyegel satu tiket ke perempat final Piala Eropa 2020. Namun kemenangan tersebut diraih dengan cara tak biasa.

Belgia menaklukkan Portugal dengan skor 1-0 dalam laga yang berlangsung di Estadio de La Cartuja, Senin (28/6) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan The Red Devils dicetak oleh Thorgan Hazard pada menit ke-42.

Meski begitu, hasil ini diraih lewat perjuangan berat. Portugal mampu memaksa Belgia tampil bertahan.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Belgia 1-0 Portugal: Juara Bertahan Tersingkir

Bintang Laga Belgia Vs Portugal: Thibaut Courtois Bikin Juara Bertahan Frustrasi

Piala Eropa 2020: Bek Italia Pilih Jaga Ronaldo ketimbang Lukaku

Belgia vs Portugal

Sejak ditangani Roberto Martinez, Belgia memang menerapkan filosofi permainan menyerang. Ia didukung dengan deretan bintang yang termasuk dalam generasi emas negara tetangga Belanda tersebut.

Filosofi tersebut berhasil membawa Belgia merebut peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Romelu Lukaku dan kawan-kawan kini juga menduduki peringkat satu dunia.

Tak hanya itu, Belgia baru sekali menelan kekalahan dari 27 laga sejak berakhirnya Piala Dunia 2018. Inggris menjadi satu-satunya tim yang mampu menang atas mereka pada periode tersebut.

Meski begitu, Belgia hampir selalu tampil mendominasi dalam setiap pertandingan. Mereka juga mampu meraih 22 kemenangan dan empat hasil imbang.

Namun menghadapi Portugal, Belgia dipaksa bermain lebih bertahan terutama pada babak kedua. Hebatnya, mereka tak canggung melakukan hal itu meski mendapat tekanan bertubi-tubi.

Portugal tercatat mampu melepaskan 23 tembakan ke gawang dalam pertandingan tadi. Jumlah tersebut yang terbanyak diterima Belgia sejak mengalahkan Brasil pada perempat final Piala Dunia 2018.

Wajar jika Martinez memuji kinerja anak-anak asuhnya. Ia juga tak masalah Belgia dipaksa bermain bertahan.

"Hari ini bukan hanya tentang seberapa bagus kami bisa bermain. Namun juga tentang bagaimana kami beradaptasi dengan apa yang terbaik dilakukan Portugal," kata Martinez usai pertandingan.

“Kami menunjukkan konsentrasi yang luar biasa dan bertahan dengan sangat baik ketika harus melakukannya. Kami menunjukkan mentalitas yang luar biasa dan aspek-aspek disiplin taktik yang sangat cerdik."

Pujian untuk Portugal

Martinez pun tak lupa memberikan pujian kepada Portugal. Tim asuhan Fernando Santos itu benar-benar memaksa Belgia mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk menang.

"Portugal melakukan persis apa yang perlu mereka lakukan dalam permainan untuk menang. Itu sebabnya mereka adalah juara bertahan Piala Eropa dan memenangkan UEFA Nations League," tambahnya.

"Mereka memiliki pengalaman luar biasa dan mereka tahu bagaimana mengambil momen ketika mereka dapat menyakiti Anda."

Setelah mengalahkan Portugal, Belgia sudah ditunggu lawan yang tak kalah kuat para perempat final nanti. Mereka akan ditantang favorit juara, Italia.

Laga Belgia kontra Italia dijamin berlangsung seru karena kedua tim sama-sama baru kebobolan satu gol sepanjang turnamen. Pemenang pertandingan ini sangat berpeluang menggondol gelar juara.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala Eropa 2020 Timnas Belgia Timnas Portugal Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan