BolaSkor.com - Duel akbar akan tersaji pada laga perdana grup F Piala Eropa 2020. Tim Nasional Jerman dijadwalkan menjamu Prancis di Allianz Arena, Rabu (16/6) pukul 02.00 dini hari WIB.

Ini merupakan duel dua kandidat juara. Jerman dan Prancis tentu tidak akan mau kalah dengan salah satu pesaing terberatnya.

Apalagi hasil laga ini juga akan menentukan peluang kedua tim ke fase gugur. Jerman dan Prancis memang masih akan bersaing dengan Portugal serta Hungaria yang menjadi penghuni grup F juga.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020 Hari Ini: Prancis Vs Jerman dan Hungaria Vs Portugal Live RCTI

Prediksi Prancis Vs Jerman: Duel Para Jawara

Morata Dituding Jadi Penyebab Spanyol Gagal Menang, Enrique Pasang Badan

Prancis Vs Jerman (BolaSkor.com/Aji Wandi)

"Ini adalah pertandingan besar bagi kami tetapi juga untuk Jerman karena kami berdua berada di antara negara-negara top Eropa. Tujuannya adalah untuk menjadi efektif di kedua kotak penalti karena di situlah pertandingan akan ditentukan," kata pelatih Prancis, Didier Deschamps.

Meski bertindak sebagai tamu, Prancis memang datang Munchen dengan rasa percaya diri tinggi. Status juara dunia dan kemenangan atas lawan yang sama pada semifinal Piala Eropa 2016 menjadi alasannya.

Apalagi Jerman masih mencari bentuk terbaik usai gagal total di Piala Dunia 2018. Namun kondisi ini tak membuat tim asuhan Joachim Low gentar dengan Prancis.

"Kami tidak sabar untuk menghadapi sang juara dunia, yang merupakan sesuatu yang istimewa untuk memiliki pertandingan pembuka seperti ini. Semua pemain lapar, sangat ingin sukses, dan ini memberi saya kepercayaan diri dan membuat saya tidur nyenyak di malam hari," kata Low.

Sederet fakta menarik juga mengiringi duel Jerman kontra Prancis. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ini akan menjadi pertemuan pertama Prancis dan Jerman di fase grup turnamen besar. Kedua tim total sudah bertemu lima kali di turnamen resmi dengan rekor berimbang yaitu masing-masing tim meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

2. Sebelum ini, Prancis dan Jerman hanya satu kali bertemu di putaran final Piala Eropa. Momen itu terjadi pada babak semifinal edisi 2016 saat Prancis menang 2-0.

3. Prancis tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir mereka melawan Jerman di tanah Jerman (tiga kali menang, dua kali imbang). Satu-satunya pertemuan mereka sebelumnya di Munich berakhir tanpa gol (Allianz Arena, September 2018).

4. Sejak Piala Dunia 2014, Prancis telah memenangkan 14 dari 19 pertandingan mereka di turnamen besar.

5. Prancis hanya menelan satu kekalahan saat berlaga di laga pembuka Piala Eropa. Momen itu terjadi pada edisi pertama tahun 1960 saat takluk dari Yugoslavia.

6. Sementara Jerman tidak pernah kalah pada laga pembuka Piala Eropa dengan rekor tujuh kali menang dan lima kali imbang.

7. Joachim Low adalah pelatih yang memiliki masa jabatan terlama di Piala Eropa 2020. Ia sudah menangani Jerman sejak Juli 2006. Sementara Didier Deschamps berada di tempat kedua usai menangani Prancis sejak Juli 2012.

8. Jerman menjadi lawan yang paling sering dibobol Antoine Griezmann saat berseragam Timnas Prancis. Total empat gol sudah ia ciptakan ke gawang Der Panzer.

9. Ini akan menjadi pertandingan ke-18 Joachim Low sebagai pelatih Jerman di Piala Eropa. Low telah membawa Jerman ke semifinal di lima dari enam turnamen sebelumnya, satu-satunya pengecualian datang di Piala Dunia 2018 (tersingkir di fase grup).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini