BolaSkor.com - Duel sengit nan menarik kembali akan mewarnai matcday kedua Piala Eropa 2020. Portugal dijadwalkan menantang Jerman dalam lanjutan grup F di Allianz Arena, Sabtu (19/6) pukul 23.00 WIB.

Laga ini sangat krusial bagi kedua tim. Namun Portugal dan Jerman punya misi yang berbeda.

Portugal butuh kemenangan untuk memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Hal itu juga akan membuat Fernando Santos bisa melakukan rotasi pemain pada laga terakhir kontra Prancis.

Baca Juga:

Prediksi Portugal Vs Jerman: Der Panzer di Ujung Tanduk

Inggris Membutuhkan 'Maestro' seperti Billy Gilmour

UEFA Ancam Pindahkan Final Piala Eropa 2020 dari Wembley

Portugal vs Jerman (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Sementara Jerman juga butuh poin penuh untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Hasil imbang apalagi kalah bisa membuat tim asuhan Joachim Low mengakhiri perjalanannya lebih dini.

Duel Portugal kontra Jerman akan sangat sulit untuk diprediksi. Kedua tim punya peluang yang sama besar untuk meraih kemenangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, performa Portugal memang lebih meyakinkan. Namun Jerman memiliki rekor yang cukup baik kala menantang sang calon lawan di turnamen resmi.

“Saya pikir kedua tim akan saling menghormati karena mereka tahu bahwa di kedua sisi ada kekuatan kuat yang mampu menentukan permainan," kata Fernando Santos.

"Untuk berpikir bahwa Portugal adalah favorit melawan Jerman meski bermain di Jerman adalah melewati batas. Jika para pemain berpikir seperti itu, kami bahkan tidak akan meraih hasil imbang dalam pertandingan ini!"

Sederet fakta menarik juga mengiringi pertemuan Portugal dan Jerman ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ini akan menjadi pertemuan kelima antara Portugal dan Jerman di putaran final Piala Eropa. Hanya Italia dan Spanyol yang lebih sering bertemu di ajang ini dengan 6 pertandingan.

2. Kemenangan terakhir Portugal atas Jerman terjadi di fase grup Piala Eropa 2000. Saat itu laga berakhir dengan skor 3-0 untuk Portugal lewat hat-trick Sergio Conceicao.

3. Sejak hasil itu, Jerman memenangi empat pertemuan selanjutnya di turnamen besar yaitu Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Eropa 2012, dan Piala Dunia 2014.

4. Lima pertemuan terakhir antara Portugal dan Jerman telah menghasilkan 17 gol atau rata-rata 3,4 per pertandingan.

5. Cristiano Ronaldo tidak pernah mencetak gol melawan Jerman dalam empat pertemuan meski melepaskan 23 tembakan dalam 360 menit. Hanya melawan Prancis penyerang Portugal itu bermain lebih banyak tanpa mencetak gol.

6. Satu-satunya hat-trick Thomas Muller untuk Jerman adalah melawan Portugal pada fase grup Piala Dunia 2014. Namun Muller belum mencetak gol dalam 12 pertandingan terakhir di Piala Eropa.

7. Portugal hanya kalah dua kali dari 30 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Mereka menang 19 kali, seri sembilan kali, mencetak 67 gol dan kebobolan 19 gol.

8. Jerman menderita tiga kekalahan dalam empat pertandingan penyisihan grup terakhir mereka di turnamen besar. Namun Jerman belum pernah kalah secara beruntun di fase grup Piala Eropa sejak edisi 2004.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini