Piala Eropa 2020 - Italia 1-1 Spanyol (4-2): Lalui Drama Adu Penalti, Gli Azzurri Tembus Final

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Juli 2021
Piala Eropa 2020 - Italia 1-1 Spanyol (4-2): Lalui Drama Adu Penalti, Gli Azzurri Tembus Final
Selebrasi Timnas Italia (@azzurri)

BolaSkor.com - Timnas Italia melaju ke final Piala Eropa 2020. Menghadapi Spanyol di Wembley, Rabu (07/07) dini hari WIB, Gli Azzurri menang 4-2 via drama adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Jalannya Pertandingan

Secara mengejutkan Luis Enrique menerapkan taktik false nine seperti tim Spanyol kala menang 4-0 atas Italia di final Piala Eropa 2012. Meski punya Alvaro Morata dan Gerard Moreno, Spanyol bermain dengan false nine pada taktik 4-3-3.

Dani Olmo menjadi false nine dengan Ferran Torres dan Mikel Oyarzabal di lini depan yang dibantu pergerakan Pedri dan Koke di lini tengah. Spanyol mendominasi pertandingan di sepanjang laga pertama.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: 4 Duel Kunci Italia Vs Spanyol

Susunan Pemain Terbaik Campuran Timnas Italia dan Spanyol

Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala Eropa 2020 di RCTI

Italia dipaksa bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Spanyol punya beberapa peluang dari Olmo dan Oyarzabal tapi sepakan mereka melebar. Satu peluang dari Olmo di menit 25 tepat sasaran tetapi mampu ditepis Gianluigi Donnarumma.

Gol tak tercipta di babak pertama. Spanyol melepaskan lima tendangan (satu tepat sasaran), tetapi Italia hanya sekali dan tidak tepat sasaran. Tak ayal Roberto Mancini punya pekerjaan rumah untuk Italia di babak pertama ini.

Tidak ada perubahan pemain di awal babak kedua. Spanyol masih tetap mendominasi penguasaan bola dan Italia mengandalkan serangan balik. Spanyol punya peluang dari Sergio Busquets dan Oyarzabal, tetapi lagi-lagi tak berbuah gol.

Apa yang dikhawatirkan suporter Spanyol terjadi. Kegagalan memanfaatkan peluang menjadi gol dibayar mahal dengan gol yang membawa Italia unggul di menit 60.

Gol Federico Chiesa

Dari serangan balik cepat, Federico Chiesa merebut bola yang diblok bek Spanyol dan mencetak gol di satu-satunya peluang tepat sasaran Italia sejauh ini. 1-0 Italia unggul.

Luis Enrique langsung memasukkan Alvaro Morata menggantikan Ferran Torres, sementara Roberto Mancini memainkan Domenico Berardi menggantikan Ciro Immobile.

Sejumlah pergantian yang dilakukan Spanyol berbuah manis di menit 80. Morata mencetak gol penyama kedudukan kala melakukan kerja sama satu-dua dengan Olmo dan menjebol gawang Italia. 1-1.

Selebrasi gol Alvaro Morata

Kedudukan sama kuat 1-1 bertahan hingga 90 menit plus tambahan waktu berakhir. Artinya, pertandingan berlanjut ke babak tambahan dengan potensi drama adu penalti.

Babak tambahan waktu juga berakhir sama kuat dengan skor 1-1 dan pemenang laga pada akhirnya ditentukan melalui drama adu penalti. Unai Simon kiper Spanyol dan Gianluigi Donnarumma penjaga gawang Italia.

Pada drama adu penalti dua penendang penalti Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal mencetak gol, sementara dari Italia hanya Manuel Locatelli yang gagal melakukannya. Italia ke final setelah menang 4-2 pada drama adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Gol penentu penalti yang dicetak Jorginho

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson (Rafael Toloi 73'); Nicolo Barella (Manuel Locatelli 84'), Jorginho, Marco Verratti (Matteo Pessina 73'); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 106'), Ciro Immobile (Domenico Berardi 61'), Lorenzo Insigne (Andrea Belotti 84').

Pemain Cadangan: Bryan Cristante, Federico Bernardeschi, Manuel Locatelli, Rafael Toloi, Domenico Berardi, Francesco Acerbi, Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Alex Meret, Salvatore Sirigu, Matteo Pessina, Andrea Belotti.

Pelatih: Roberto Mancini

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Marcos Llorente 84'), Eric Garcia (Pau Torres 108'), Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke (Rodrigo 69'), Sergio Busquets (Thiago Alcantara 105'), Pedri; Ferran Torres (Alvaro Morata 61'), Mikel Oyarzabal (Gerard Moreno 69'), Dani Olmo.

Pemain Cadangan: Diego Llorente, Rodrigo, Pau Torres, Fabian Ruiz, Marcos Llorente, Thiago Alcantara, Gerard Moreno, Robert Sanchez, Adam Traore, Alvaro Morata, Jose Gaya, David de Gea.

Pelatih: Luis Enrique

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Timnas Italia Timnas Spanyol Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan