Piala Eropa 2020 - Italia 2-1 Austria: Gli Azzurri Menang Susah Payah

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 27 Juni 2021
Piala Eropa 2020 - Italia 2-1 Austria: Gli Azzurri Menang Susah Payah
Italia vs Austria (Twitter)

BolaSkor.com - Langkah Italia belum terbendung di Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Austria pada babak 16 besar. Namun kemenangan ini diraih lewat perjuangan berat.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (27/6) dini hari WIB, Italia menang dengan skor 2-1. Meski begitu, tim asuhan Roberto Mancini dipaksa melakoni perpanjangan waktu oleh Austria.

Italia langsung menguasai permainan sejak awal laga. Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne menjadi kreator serangan.

Baca Juga:

Denmark 4-0 Wales: Kisah Indah Danish Dynamite Terus Berlanjut

Piala Eropa 2020: Mbappe Jadi Masalah Besar di Timnas Prancis

Psikolog Olahraga dan Latihan Mental Inggris Jelang Lawan Jerman

Italia vs Austria

Sementara Austria lebih bertahan dengan menumpuk pemain di belakang. David Alaba dan kawan-kawan juga tak membiarkan pemain Italia menguasai bola dengan nyaman di sekitar kotak penalti mereka.

Strategi tersebut terbukti ampuh. Italia kesulitan membongkar pertahanan Austria.

Italia baru menciptakan peluang emas pertamanya saat laga memasuki menit ke-17. Barella melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang masih mampu dihalau Daniel Bachmann di bawah mistar gawang Austria.

Peluang terbaik Italia datang pada menit ke-32. Namun tembakan jarak jauh Ciro Immobile masih membentur tiang gawang.

Austria tak memiliki peluang berarti di babak pertama. Skor 0-0 akhirnya bertahan hingga jeda.

Usai turun minum, Austria mengubah permainannya. Tim asuhan Franco Foda kini berani bermain lebih menyerang.

Austria nyaris mencuri gol di awal babak kedua. Sayangnya tendangan bebas Alaba melambung tipis di atas mistar.

Pada menit ke-65, Austria sempat menggetarkan gawang Italia melalui sundulan Marco Arnautovic. Namun gol ini dianulir VAR karena sang penyerang lebih dulu terjebak dalam posisi offside yang sangat tipis.

Tak lama berselang, Mancini memasukkan Manuel Locatelli dan Matteo Pessina untuk mengubah alur pertandingan. Namun Italia tetap kesulitan menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Begitu juga dengan masuknya Andrea Belotti dan Federico Chiesa enam menit sebelum waktu normal berakhir. Italia tetap kesulitan menembus pertahanan Austria.

Papan skor tetap menunjukkan angka 0-0 hingga babak kedua berakhir. Laga terpaksa dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu

Italia coba kembali mengambil alih permainan pada babak perpanjangan waktu. Hal itu membuat Austria kembali tertekan.

Italia akhirnya mampu memecah kebuntuan memasuki menit kelima perpanjangan waktu. Federico Chiesa mampu menyelesaikan umpan matang Leonardo Spinazzola dengan dingin untuk membobol gawang Austria.

Gol tersebut meruntuhkan mental para pemain Austria. Italia semakin tak terbendung dan mencetak gol keduanya pada akhir babak pertama perpanjangan waktu melalui sepakan keras Pessina.

Austria mencoba bangkit pada babak kedua perpanjangan waktu. Mereka mampu memperkecil kedudukan melalui sundulan Sasa Kalajdzic pada menit ke-114.

Kalajdzic menjadi pemain pertama yang mampu membobol gawang Italia di Piala Eropa 2020. Sisa laga pun berlangsung menegangkan.

Austria pada akhirnya gagal menyamakan kedudukan hingga wasit meniup peluit panjang. Italia pun berhak melaju ke perempat final.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella (Matteo Pessina 67'), Jorginho, Marco Verratti (Manuel Locatelli 67'); Domenico Berardi (Federico Chiesa 84'), Ciro Immobile (Andrea Belotti 84'), Lorenzo Insigne (Bryan Cristante 108').

Pelatih: Roberto Mancini.

Austria (4-2-3-1): Daniel Bachmann; Stefan Lainer (Christopher Trimmel 114'), Aleksandar Dragovic, Martin Hinteregger, David Alaba; Xaver Schlager (Michael Gregoritsch 106'), Florian Grillitsch (Louis Schaub 106'); Konrad Laimer, Marcel Sabitzer, Christoph Baumgartner (Alessandro Schopf 90'); Marko Arnautovic (Sasa Kalajdzic 97').

Pelatih: Franco Foda.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Italia Timnas austria Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan