BolaSkor.com - Timnas Italia melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Belgia di perempat final dengan skor 2-1, Sabtu (03/07) dini hari WIB di Allianz Arena. Dua gol Italia dicetak Nicolo Barella (31') dan Lorenzo Insigne (44').

Romelu Lukaku sempat memperkecilnya dari gol penalti di menit 45+2 tetapi Italia arahan Roberto Mancini memainkan tempo laga dengan baik, menguasai penguasaan bola sebanyak 54 persen dengan 14 tendangan (tiga tepat sasaran).

Kemenangan itu sekaligus 'menjawab' nada skeptis dari Gary Neville dan Patrick Vieira, dua pandit sepak bola yang meragukan kualitas Italia apabila bertemu dengan tim besar di Eropa. Sekedar informasi Belgia adalah tim peringkat satu di ranking FIFA.

Baca Juga:

Sederet Fakta Fantastis Italia Melaju ke Semifinal Piala Eropa 2020

3 Alasan Italia Bikin Spanyol Empot-empotan di Semifinal Piala Eropa 2020

Alternatif Taktik Italia Usai Perjalanan Spinazzola Berakhir

Timnas Italia

"Saya tahu mereka mendapat banyak pujian di awal turnamen dengan dua penampilan pertama mereka," tutur Vieira beberapa waktu lalu.

"Mereka telah melakukan semua yang diminta dari mereka, tetapi saya merasa begitu mereka mulai bermain melawan tim yang lebih baik, mereka tidak akan cukup (bagus)."

"Mereka mungkin sebenarnya ingin memainkan tim terbaik mereka karena dua pertandingan yang mereka jalani sejauh ini, belum menjadi ujian bagi mereka," ucap Gary Neville.

Legenda sepak bola Italia, Alessandro Del Piero menjadikan kemenangan Gli Azzurri atas Belgia sebagai contoh bagaimana mereka bermain melawan tim top, salah satu unggulan di turnamen.

"Italia pantas menang, mereka telah mengatasi langkah lebih jauh itu. Banyak yang bertanya pada diri sendiri apa yang akan dilakukan Italia melawan tim papan atas dan kami menang dengan penampilan hebat," timpal Del Piero dikutip dari Football-Italia.

Kebersamaan dalam Skuad Italia

Absen bermain di Piala Dunia 2018 memberi waktu Italia berbenah. Mancini membentuk skuad yang diinginkannya dan Del Piero melihat skuad tim saat ini bersatu dengan baik, serta memiliki kebersamaan yang cukup solid.

"Kami lebih siap secara taktis daripada tim lain, ada komitmen besar dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan di lapangan," tambah Del Piero.

"Ada energi dan persahabatan di antara para pemain. Kami bisa berterima kasih kepada Lukaku untuk beberapa kesalahan, tetapi ada banyak aspek positif dalam kemenangan ini," pungkas juara dunia 2006 itu.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini