BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 adalah salah satu event sepak bola bergengsi di dunia. Namun ajang ini tampaknya tak luput dari isu politik antara negara-negara peserta.

Terbaru, Federasi Sepak Bola Rusia (RFS) memprotes desain jersey utama yang akan digunakan Timnas Ukraina. Mereka bahkan telah mengirim surat resmi kepada UEFA.

Timnas Ukraina memang sudah merilis tiga jersey anyar yang akan digunakan di Piala Eropa 2020. Kuning, biru, dan putih dipilih sebagai warna dasar ketiga seragam tersebut.

Baca Juga:

Terima Kasih Phil Foden untuk Gareth Southgate

Timnas Inggris Diramal Hanya Sampai Semifinal Piala Eropa 2020

Cedera, Karim Benzema Diragukan Tampil di Piala Eropa 2020

Siluet peta Ukraina di jersey tim asuhan Andriy Shevchenko.

Yang menjadi masalah adalah siluet peta negara Ukraina di bagian dada. Wilayah Krimea tetap disertakan meski kini telah diklaim menjadi milik Rusia.

Rusia memang mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina sejak 2014 silam. Namun pengakuan itu menimbulkan konflik karena ditolak secara internasional.

"Kami percaya siluet peta Ukraina akan memberikan kekuatan kepada para pemain karena mereka akan berjuang untuk seluruh Ukraina," kata Ketua Federasi Sepak Bola Ukraina, Andriy Pavelko dilansir dari BBC.

Pemerintah Rusia mengkritik desain jersey Ukraina tersebut. Mereka bahkan menuntut UEFA untuk mengambil tindakan.

Masalah ini menambah bumbu Piala Eropa 2020. Tentu menarik andai Rusia dan Ukraina bertemu di lapangan.

Sayangnya kedua negara berada di grup yang berbeda. Rusia tergabung di grup B, sedangkan Ukraina di grup C.

Namun kedua negara masih memiliki peluang bertemu di babak 16 besar atau fase selanjutnya. Namun Rusia dan Ukraina harus lebih dulu lolos dari babak grup.