BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 sudah di depan mata dan timnas Spanyol serta Swedia dibuat harap-harap cemas dengan virus corona yang mewabah di skuad mereka. Spanyol besutan Luis Enrique memiliki kondisi yang lebih sulit.

Usai Sergio Busquets dipastikan positif virus corona, kini giliran bek Leeds United Diego Llorente yang positif. Llorente langsung dikarantina dan dipisahkan dari pemusatan latihan (TC) timnas Spanyol.

"RFEF dengan menyesal mengumumkan bahwa bek tengah Diego Llorente telah dinyatakan positif dalam tes PCR terbaru yang dilakukan pagi ini di tim nasional di Las Rozas," ucap Presiden RFEF, Luis Rubiales mengonfirmasi kabar soal Llorente kepada Teledeporte.

"Pemain akan meninggalkan tim nasional malam ini dengan kendaraan medis, mengikuti semua protokol kesehatan yang ditetapkan."

Baca Juga:

Penonton Piala Eropa 2020 di Indonesia Siap Diguyur Hadiah

Mengenang Aksi Terbaik Para Gelandang Papan Atas di Piala Eropa

COVID-19 Menghantui Timnas Spanyol, Luis Enrique Panggil Armada Tambahan

Diego Llorente

Tak ayal protokol kesehatan dijalankan semakin ketat di Spanyol dan situasi itu tentunya memusingkan untuk Luis Enrique, sebab Busquets dan Llorente sudah disertakan ke dalam skuad untuk Piala Eropa 2020.

Artinya jika pada akhirnya harus mengganti pemain maka Enrique harus merombak lagi skuad Spanyol, dan itu juga mengubah sistem bermain yang coba diterapkannya. Terlebih usai Busquets dan Llorente positif ada karantina ketat dalam skuad Spanyol.

Enam pemain senior dipanggil untuk berlatih dalam parallel bubble atau gelembung pararel, tak pelak mereka tidak dapat dicampur dengan sisa skuad - bersama dengan 11 pemain dari tim U-21.

Kepa Arrizabalaga, Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, Brais Mendez, dan Raul Albiol dipanggil kembali ke timnas Spanyol. Enrique juga memainkan tim U-21 Spanyol yang baru ini menang 4-0 atas Lithuania di laga uji coba internasional.

Selepas laga itu 11 pemain dari U-21 juga dimasukkan ke dalam bubble guna mengetahui kembali jika ada kasus positif tambahan. Mereka dari tim U-21 yang dipanggil adalah Alvaro Fernandez, Oscar Mingueza, Marc Cucurella, Bryan Gil, Juan Miranda, Gonzalo Villar, Pozo, Brahim, Zubimendi, Yeremy Pino, dan Javi Puado.

COVID-19 di Swedia

Swedia - uniknya - merupakan lawan Spanyol di laga pembuka grup Piala Eropa 2020 pada Selasa (15/06) dini hari WIB. Dan Swedia juga memiliki satu kasus positif virus corona pada diri winger Juventus, Dejan Kulusevski.

"Pagi ini, Kulusevski memberi tahu tim medis bahwa dia mengalami gejala flu. Dejan langsung dites dan hasil tesnya positif. Sejak saat itu, Dejan diisolasi dari anggota kelompok lainnya dan tidak bepergian bersama kami ke Gothenburg," ucap tim dokter Swedia, Anders Valentin.

Kapten Swedia, Janne Andersson juga berbicara soal kasus positif yang dialami Kulusevski. Dia berharap Kulusevski dapat bergabung dengan tim usai laga melawan Spanyol.

"Ini menyedihkan bagi kami, tetapi di atas segalanya untuk Dejan sendiri. Kami tidak akan memanggil cadangan apa pun tetapi berharap Dejan dapat bergabung kembali dengan skuad setelah pertandingan melawan Spanyol," tambah Andersson.

Kasus-kasus positif virus corona itu mempertegas bahwa pandemi belum mereda di Eropa, meski kondisinya lebih baik dengan cara mereka menanganinya. Negara-negara yang menerapkan aturan ketat pun masih dapat terkena kasus virus corona dan ini terjadi jelang Piala Eropa 2020.