Piala Eropa 2020 - Peraturan UEFA Mengenai Pergantian Pemain dan Penonton

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 01 April 2021
Piala Eropa 2020 - Peraturan UEFA Mengenai Pergantian Pemain dan Penonton
Trofi Piala Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa telah memperbolehkan dua aturan baru terkait pergantian pemain dan jumlah penonton di stadion untuk Piala Eropa 2020. Regulasi itu diterapkan pada situasi pandemi virus corona.

Peraturan pertama mengenai pergantian pemain, UEFA melanjutkan aturan yang sudah diterapkan musim lalu dengan jumlah lima pergantian pemain, regulasi yang tidak diterapkan di Premier League musim ini.

Mengingat padatnya jadwal akibat tertundanya waktu berakhirnya musim lalu karena pandemi virus corona, aturan lima pergantian pemain diberlakukan untuk mengurangi potensi pemain keletihan dan pelatih bisa dengan bijak merotasi pemain.

Baca Juga:

Harry Maguire Kirim Peringatan kepada Rival Timnas Inggris

Joachim Low Jamin Posisi Kroos di Piala Eropa 2020

Kapten Liverpool Terancam Absen di Piala Eropa 2020

Ilustrasi pergantian pemain

"Untuk memungkinkan penggunaan hingga lima pergantian pemain di Piala Eropa 2020 dan di UEFA Nations League dan play-out degradasi sesuai dengan amandemen sementara yang diperkenalkan pada UU 3 dari IFAB Laws of the Game," bunyi pernyataan resmi UEFA.

"Karena alasan aturan pergantian pemain lima tetap berlaku dengan latar belakang kalender sepak bola nasional dan internasional yang terkena pandemi COVID-19 dan mengingat aturan sudah ada untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia yang akan berlangsung dari Maret 2021 hingga Maret 2022, diputuskan untuk memperpanjang amandemen Piala Eropa 2020 pada Juni-Juli 2021, final UEFA Nations League pada Oktober 2021 dan play-out degradasi UEFA Nations League pada Maret 2022."

Penonton di stadion

Melihat suporter kembali ke stadion adalah salah satu hal yang paling dinanti klub-klub atau tim sepak bola di dunia. Seperti diketahui penonton dilarang menyaksikan langsung tim kesayangan berakhir di stadion untuk mengurangi potensi penyebaran COVID-19.

Sebelumnya UEFA membatasi 30 persen kapasitas stadion ditempati untuk perhelatan Piala Eropa 2020, namun setelah melihat adanya perbedaan di tiap negara mengenai angka COVID-19, maka UEFA mengembalikannya kepada negara-negara tuan rumah.

Berikut pernyataan lengkap dari UEFA mengenai aturan penonton yang diperbolehkan hadir di stadion pada Piala Eropa 2020:

"Komite Eksekutif UEFA meninjau kembali keputusannya pada 1 Oktober 2020 di mana memungkinkan kembalinya penonton ke pertandingan UEFA hingga 30 persen dari kapasitas."

"Komite memutuskan bahwa mengingat fakta bahwa masing-masing dari 55 asosiasi anggota UEFA menghadapi situasi yang berbeda sehubungan dengan penanggulangan pandemi, pembatasan seperti itu tidak lagi diperlukan dan bahwa keputusan tentang jumlah penonton yang diizinkan harus berada di bawah keputusan eksklusif. tanggung jawab otoritas lokal atau nasional yang kompeten."

"Akibatnya, batas penonton yang sebelumnya diberlakukan UEFA, maksimal 30 persen dari kapasitas tempat duduk stadion terkait dicabut, serta larangan bagi penonton untuk menghadiri pertandingan futsal."

"Namun, mengingat pembatasan perjalanan yang sedang berlangsung dan untuk memberlakukan kebijakan yang wajar dan bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko terkait COVID-19, Komite Eksekutif memutuskan untuk mengonfirmasi keputusan 1 Oktober 2020 selama penggemar yang berkunjung tidak diizinkan untuk menghadiri laga kompetisi UEFA. Ini berlaku sampai sebelum final kompetisi klub berlangsung pada Mei 2021."

"Persyaratan Kesehatan dan Kebersihan Minimum UEFA untuk Kembalinya Penonton telah diubah untuk mencerminkan keputusan baru ini, yang mulai berlaku mulai besok."

"Komite Eksekutif UEFA - termasuk perwakilan Asosiasi Klub Eropa dan Liga-liga Eropa - dengan suara bulat menyetujui kerangka waktu baru untuk keputusan tentang format kompetisi klub UEFA pasca-2024, dengan keputusan akan dibuat pada 19 April 2021."

Breaking News Piala Eropa 2020 Kualifikasi Piala Eropa 2020 UEFA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan