BolaSkor.com - Spanyol gagal mengakhiri puasa kemenangan di Piala Eropa setelah ditahan imbang 1-1 oleh Polandia di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Minggu (20/6) dini hari WIB. Spanyol unggul lebih dulu lewat gol Spanyol di menit ke-25, namun disamakan Robert Lewandowski (54). Spanyol belum pernah menang dalam empat penampilan terakhir mereka di Piala eropa.

Setelah bermain imbang tanpa gol saat melawan Swedia pada laga pembuka Grup E, Spanyol kali ini langsung menurunkan dua striker sekaligus, Alvaro Morata dan Gerard Moreno. Di lini tengah, pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, kembali mempercayakan pemain termuda di dalam skuad, Pedri, untuk tampil sejak awal.

Di sisi lain, Polandia mengusung formasi 3-4-2-1 tetap mengandalkan Robert Lewandowski di lini depan. Jakub Moder dipercaya pelatih Polandia, Paulo Sousa, menggantikan Grzegorz Krychowiak yang absen akibat hukuman kartu merah.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Diganggu COVID-19, Timnas Spanyol Kurang Latihan Taktik

Spanyol Kontra Swedia: 85 Persen Penguasaan Bola, 917 Operan Bola, Tanpa Gol

Morata Dituding Jadi Penyebab Spanyol Gagal Menang, Enrique Pasang Badan

Spanyol dan Polandia langsung bermain terbuka sejak awal babak pertama. Pada menit ketiga, Polandia langsung melayangkan protes ketika Piotr Zielinski dijatuhkan Alvaro Morata di kotak penalti Spanyol. Namun, wasit menganggap tindakan Morata bukan pelanggaran.

Berselang tujuh menit Spanyol balas menekan dengan tembakan mendatar Dani Olmo dari luar kotak penalti. Namun gagal berbuah gol. Pada menit ke-25, Spanyol berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Alvaro Morata.

Gol pembuka Spanyol berawal dari aksi Moreno di sisi kanan pertahanan Polandia. Striker milik Villarreal itu melepaskan tembakan keras kaki kanan yang mengarah ke mulut gawang. Morata yang berdiri di tiang jauh dengan cerdik langsung membelokkan bola tembakan Moreno ke dalam gawang. Awalnya gol tidak disahkan karena hakim garis mengangkat bendera dan menilai Morata berada dalam posisi offside. Namun, wasit utama memutuskan untuk meninjau kembali dengan Video Assistant Referee (VAR). Hasilnya, wasit mengesahkan gol Spanyol.

Unggul 1-0, Spanyol memilih untuk mengendurkan tempo. Spanyol nyaris menambah keunggulan melalui sepakan bebas Gerard Moreno pada menit ke-30. Namun bola masih meleset dari sasaran. Pada menit ke-42, Polandia mengancam lewat tembakan kaki kiri Karol Swidersk yang membentur tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

Unggul 1-0 di babak pertama, Spanyol mempertahankan permainan dengan operan-operan pendek untuk tetap mengendalikan tempo. Akan tetapi, pada saat kehilangan bola, petaka datang pada menit ke-54. Robert Lewandowski mengalahkan Aymeric Laporte dalam duel dan menyundul bola umpan silang Kamil Jozwiak dari sebelah kanan. Bola bergulir ke pojok kanan bawah gawang Spanyol tanpa bisa dihentikan kiper Spanyol Unai Simon.

Pada menit ke-58, Spanyol mendapatkan penalti setelah wasit menganggap Gerard Moreno dilanggar oleh Jakub Moder di kotak terlarang. Namun Moreno yang jadi eksekutor penalti gagal menunaikan tugasnya, bola tendangannya membentur tiang.

Di menit ke-65, tembakan menyilang Alvaro Morata setelah menerima umpan terobosan Gerard Moreno memaksa Szczesny membuat penyelamatan. Peluang kembali datang pada menit ke-72. Kali ini lewat Ferran Torres yang masuk menggantikan Dani Olmo. Namun bola sundulannya melebar ke sebelah kiri gawang Polandia.

Robert Lewandowski mengalahkan Aymeric Laporte saat melompat dan menyundul bola umpan silang Kamil Jozwiak dari sebelah kanan.

Pada menit ke-84, Spanyol kembali punya peluang bagus untuk mencetak gol. Tetapi kiper Polandia, Wojciech Szczesny berhasil membendung bola dan menggagalkannya masuk ke dalam gawang. Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Seperti waktu melawan Swedia, Spanyol tampil sangat dominan dalam hal penguasaan bola dan jumlah operan. Spanyol memegang penguasaan bola sampai 77 persen dan membuat 707 operan dengan akurasi 88 persen. Polandia hanya membukukan 219 operan dengan akurasi cuma 58 persen.


Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Marcos Llorente, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke (Pablo Sarabia 68), Rodri, Pedri; Gerard Moreno (Fabian 68), Alvaro Morata (Mikael Oryazabal 87), Daniel Olmo (Ferran Torres 61)

Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek; Kamil Jozwiak, Jakub Moder (Karol Linetty 85), Mateusz Klich (Kacper Kozlowski 55), Tymoteusz Puchacz; Karol Swiderski (Przemyslaw Frankowski 68), Piotr Zielinski; Robert Lewandowski

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini