Piala Eropa 2020 - Swedia 1-0 Slovakia: Blagult Jaga Peluang ke 16 Besar

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 18 Juni 2021
Piala Eropa 2020 - Swedia 1-0 Slovakia: Blagult Jaga Peluang ke 16 Besar
Penalti Emil Forsberg memastikan kemenangan Swedia. (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Swedia meraih kemenangan penting saat berhadapan dengan Slovakia pada laga kedua grup E Piala Eropa 2020. Hasil ini menjaga peluang tim berjuluk Blagult tersebut untuk melaju ke babak 16 besar.

Bermain di Krestovsky Stadium, Jumat (18/6), Swedia menang dengan skor 1-0. Duel kedua tim kuda hitam ini berlangsung alot.

Swedia dan Slovakia memulai pertandingan dengan tempo cukup lambat. Kedua tim terlihat sangat berhati-hati karena krusialnya hasil pertandingan ini.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Respons UEFA Terkait Tren Geser Botol Sponsor

UEFA Ancam Pindahkan Final Piala Eropa 2020 dari Wembley

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa Hari Ini: Inggris Vs Skotlandia di RCTI

Swedia vs Slovakia

Slovakia mampu lebih dulu memberikan ancaman saat laga baru berjalan lima menit. Sayang, sundulan Juraj Kucka memanfaatkan sepak pojok Marek Hamsik masih melambung.

Pada menit ke-13, Swedia gantian mengancam gawang Slovakia. Berawal dari situasi bola mati, Mikael Lustig mampu memenangi duel udara meski sundulannya juga melambung di atas mistar.

Setelah itu, laga berjalan cukup monoton. Swedia dan Slovakia seperti tak memiliki kreativitas untuk membongkar pertahanan lawannya.

Hal itu diperparah dengan penyelesaian akhir yang buruk dari kedua tim. Skor imbang 0-0 akhirnya bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tempo permainan mulai meningkat. Swedia yang butuh kemenangan demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar bermain lebih agresif.

Swedia sempat memiliki sejumlah peluang emas melalui aksi Marcus Danielson dan Alexander Isak. Namun ketangguhan Martin Dubravka di bawah mistar gawang Slovakia membuat papan skor tak kunjung berubah.

Dewi fortuna akhirnya berpihak kepada Swedia setelah wasit memberikan hadiah penalti pada menit ke-77. Dubravka dianggap melanggar Robin Quaison yang melakukan penetrasi di kotak terlarang.

Emil Forsberg yang maju sebagai eksekutor penalti tak menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Tembakannya ke pojok kanan sukses menjebol gawang Slovakia meski arahnya mampu dibaca Dubravka.

Di sisa laga, Slovakia mencoba membalas. Namun Milan Skriniar dan kawan-kawan tetap gagal menyamakan kedudukan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini membuat persaingan di grup E kian sengit. Swedia untuk sementara menyalip Slovakia dari posisi puncak klasemen dengan torehan empat poin.

Susunan pemain

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Lustig, Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson (Pierre Bengtsson 88'); Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson (Viktor Claesson 64'), Albin Ekdal (Gustav Svensson 88'), Emil Forsberg (Emil Krafth 90'); Marcus Berg (Robin Quaison 64'), Alexander Isak.

Pelatih: Janne Andersson.

Slovakia (4-2-3-1): Martin Dubravka; Peter Pekarik (Lukas Haraslin 65'), Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan; Juraj Kucka, Patrik Hrosovsky (Michal Duris 84'); Martin Koscelnik, Marek Hamsik (Laszio Benes 77'), Robert Mak (Vladimir Weiss 77'); Ondrej Duda.

Pelatih: Stefan Tarkovic.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Swedia Timnas Slovakia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan