BolaSkor.com - Ukraina menjaga peluang lolos ke babak 16 besar setelah memetik kemenangan 2-1 atas Makedonia Baru pada laga kedua Grup C, Kamis (17/6). Pada laga di National Arena Bucharest, dua gol Ukraina dicetak Andriy Yarmolenko pada menit ke-29 dan Roman Yaremchuk (34). Sedangkan gol Makedonia Utara disumbang Ezgjan Alioski (57).

Sejak laga dimulai, Ukraina langsung memasang garis pertahanan tinggi dan mengambil kendali permainan. Tekanan Ukraina memaksa Makedonia Utara bertahan.

Pada menit kesembilan, Ukraina mendapatkan peluang. Menusuk dari sisi kanan, Malinovskiy melepaskan tendangan mendatar ke sisi kanan gawang Makedonia Utara, namun bola masih mampu ditepis oleh Stole Dimitrievski.

Baca Juga:

Bintang Laga Skotlandia Vs Republik Ceko: Patrik Schick dan Gol Fantastis

Tomas Soucek, Andalan Baru Republik Ceko setelah Little Mozart

Penyusup di Laga Prancis Vs Jerman: Bermaksud Protes, Berujung Petaka

Hanya berselan satu menit kemudian, peluang kembali didapat Ukraina. Berawal dari set piece, Malinovskiy melepaskan umpan ke depan gawang. Yarmolenko berhasil menyambut bola, namun gagal mengarahkannya ke gawang.

Kesalahan pemain belakang Makedonia Utara nyaris berujung petaka. Yarmolenko yang mengambil keuntungan melepaskan tendangan ke sudut kiri atas gawang, namun bola membentur lawan.

Tekanan yang dilancarkan pasukan Andriy Shevchenko berbuah manis pada menit ke-29. Meneruskan sodoran bola dari Alexander Karavaev, Yarmolenko meneruskan bola ke gawang Makedonia Utara. Ukraina memimpin 1-0.

Kurang dari lima menit berselang gawang Makedonia Utara yang dikawal Dimitrievski kembali bergetar. Kali ini Yarmolenko yang menjadi pengumpan. Roman Yaremchuk yang lolos dari jebakan offside mengubah papan skor menjadi 2-0.

Pada menit 39, Makedonia sempat membobol gawang Ukraina lewat Goran Pandev. Namun wasit tidak menyatakan gol karena Pandev sudah ada dalam posisi offside.

Skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, Makedonia langsung melancarkan tekanan demi menipiskan ketertinggalan. Ketika babak kedua baru berjalan dua menit, Makedonia Utara mendapatkan peluang emas. Namun bola sepakan Arijan Ademi masih bisa dibendung kiper Ukraina, Georgi Bushchan.

Ukraina lambat laun bisa keluar dari tekanan Makedonia Utara. Pada menit 51, usaha dari Malinovskiy gagal berbuah gol karena masih bisa diselamatkan Dimitrievski.

Pada menit ke 54, tekanan Makedonia Utara berbuah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan terhadap Pandev. Sepakan penalti Ezgjan Alioski sempat dibendung Bushchan, namun bola mentah kembali disambar Alioski dan skor berubah menjadi 2-1.

Kedua kubu saking melancarkan serangan meski jarang menghasilkan peluang. Namun pada menit ke-74, Ukraina nyaris melebarkan jarak. Akan tetapi bola sepakan Tsygankov, yang baru masuk menggantikan Yarmolenko empat menit sebelumnya, masih melebar dari target.

Pada menit ke-82, penalti kembali diberikan wasit, kali ini untuk Ukraina. Wasit Fernando Andres Rapallini asal Argentina memberikan penalti karena terjadi handball setelah melihat rekaman. Namun, Malinovskiy yang menjadi algojo gagal menunaikan tugasnya. Bola sepakannya bisa dibendung Dimitrievski.

Di sisa laga, Makedonia mencoba memburu gol penyama. Namun hingga laga usai, Ukraina mampu mempertahankan keunggulan 2-1. Dengan hasil ini, Ukraina menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya dengan raihan tiga angka.

Susunan Pemain

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Oleksandr Zinchenko, Taras Stepanenko, Mykola Shaparenko (Sydorchuk 78); Andriy Yarmolenko (Tsygankov 70), Ruslan Malinovskiy (Sobol 90), Roman Yaremchuk (Besedin 70)

Makedonia Utara (3-4-1-2): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkoski (Trichkovski 85), Visar Musliu; Ezgjan Alioski, Stefan Spirovski (Churlinov 46), Arijan Ademi (Trichkovski 85), Boban Nikolov (Trajikovski 46); Enis Bardhi (Avramovski 77); Goran Pandev, Eljif Elmas

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini