Piala Eropa 2020: Wajib Vaksin dan Tes COVID-19 di Wembley

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 09 Juni 2021
Piala Eropa 2020: Wajib Vaksin dan Tes COVID-19 di Wembley
Stadion Wembley (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 yang tertunda selama satu tahunmasih akan digelar pada masa pandemi. Kondisi ini membuat suporter tidak bisa leluasa mendukung negaranya di stadion.

Dengan ditunjuknya 11 kota tuan rumah dari negara berbeda, kebijakan terkait penonton juga berbeda. Inggris menjadi salah satu yang terketat.

Negeri Ratu Elizabeth mewajibkan penonton yang akan hadir di Stadion Wembley harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Minimal, mereka sudah mendapat dua suntikan sejak 14 hari sebelum pertandingan.

Baca Juga:

Terima Kasih Phil Foden untuk Gareth Southgate

Timnas Inggris Diramal Hanya Sampai Semifinal Piala Eropa 2020

Cedera, Karim Benzema Diragukan Tampil di Piala Eropa 2020

Stadion Wembley

Kebijakan ini tentu akan mempersulit penonton untuk menyaksikan pertandingan di Wembley. Padahal markas Timnas Inggris itu akan menggelar babak fase grup, 16 besar, semifinal dan final.

Inggris memang menjadi salah satu negara yang mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakatnya. Namun tidak semua negara di Eropa telah melakukan langkah yang sama.

Meski begitu, Inggris siap mengendurkan regulasi tersebut. Penonton yang belum menerima vaksin masih berpeluang menyaksikan pertandingan di Wembley.

Namun penonton tersebut harus menyertakan tes negatif COVID-19 dalam 48 jam terakhir. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus tersebut.

Regulasi ini telah mendapat persetujuan dari UEFA. Konfederasi Sepak Bola Eropa tersebut tentu ingin turnamen akbarnya tidak terganggu dengan masalah ini.

"Prioritas utama UEFA adalah memberikan turnamen yang aman, dan bekerja dengan pemerintah daerah serta otoritas kesehatan untuk memastikan langkah-langkah mematuhi pedoman kesehatan masyarakat dari negara tuan rumah," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Wembley akan membuka gerbang tribun dengan kapasitas 22.500 tempat duduk untuk ajang Piala Eropa 2020. Jumlah tersebut merupakan 25 persen dari kapasitas stadion.

Menariknya, regulasi serupa tidak diterapkan Skotlandia yang juga akan menjadi tuan rumah. Negara yang termasuk bagian Britania Raya tersebut mengizinkan suporter menyaksikan pertandingan di Hampden Park tanpa membawa bukti vaksinasi COVID-19 atau hasil tes negatif.

Piala Eropa 2020 Virus Corona Stadion wembley Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan