BolaSkor.com - Chelsea menang 2-0 saat menjamu Sheffield United pada perempat final Piala FA di Stadion Stamford Bridge, Minggu (21/3) malam WIB. Gol Chelsea lahir dari bunuh diri Oliver Norwood di menit ke-24 dan Hakim Ziyech di ujung laga.

Dengan hasil ini, Chelsea berhasil lolos ke semifinal Piala FA untuk keempat kalinya dalam lima tahun. Mereka hanya gagal ke semifinal pada musim 2018-19. Saat itu mereka terhenti di babak kelima usai kalah dari Manchester United.

Chelsea mengambil kendali permainan sejak peluit babak pertama ditiupkan wasit. Namun, upaya mereka terbilang alot karena kesulitan membuat tembakan ke gawang kubu tamu yang dijaga Aaron Ramsdale.

Baca Juga:

Nostalgia - Kontroversi Final Piala FA Khaki Cup, Dihelat sebelum Perang Dunia 1

Mulai Membusungkan Dada, Tuchel Sebut Lawan Takut Hadapi Chelsea

Chelsea Kembali Tak Keok, Thomas Tuchel Pecahkan Rekor Felipe Scolari

Beberapa kali gempuran Chelsea selalu gagal menembus ketatnya pertahanan Sheffield. Baru pada menit ke-24 Chelsea mampu membuat peluang emas yang berbuah gol.

Gol tercipta melalui skema sepak pojok yang mengarah kepada Ben Chilwell di luar kotak penalti. Bek sayap The Blues yang berdiri bebas itu langsung menembak bol dengan sepakan keras kaki kiri yang mendatar. Bola membentur kaki Oliver Norwood dan meluncur ke ke gawang.

Giroud dkk kian gencar mengurung pertahanan United. Akan tetapi, tak ada satupun yang menjadi ancaman lagi. Di sisi lain, The Blades sempat punya tiga peluang yang mengarah ke gawang Chelsea. Namun, upaya mereka selalu gagal berbuah gol sehingga skor 1-0 untuk keunggulan The Blues menjadi hasil pada babak pertama.

Di babak kedua, Chelsea kembali meneruskan dominasi mereka. Pada menit ke-47, The Blues mendapatkan peluang dari Christian Pulisic. Namun bola sepakannya masih bisa diselamatkan Ramsdale.

Chelsea mencoba bermain dengan ritme lebih cepat daripada di paruh pertama. Namun, pasukan Thomas Tuchel masih kesulitan menghadirkan ancaman di depan gawang Sheffield.

Menjelang satu jam laga berjalan, Sheffield berusaha melancarkan tekanan. Namun tak sekalipun mereka memaksa kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga bekerja keras.

Pada menit ke-66, Sheffield mendapatkan peluang emas. Sayang, David McGoldrick yang sudah berdiri bebas di depan gawang gagal mengarahkan sundulannya setelah menerima umpan lambung John Lundstram. Bola melebar dari target.

Selang dua menit kemudian, Sheffield kembali mengancam. Kali ini bola sepakan keras Oliver McBurnie dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan oleh Kepa. Sheffield mulai mengambil alih kendali permainan.

Melihat pasukannya dalam posisi tertekan, Tuchel memutuskan memainkan Hakim Ziyech dan Kai Havertz pada menit 72. Meski begitu, The Blues masih kesulitan keluar dari tekanan.

Saat waktu normal tersisa lima menit, Chelsea mulai bisa menguasai bola di area lawan. Di pengujung laga, Chelsea memastikan tiket ke semifinal setelah Ziyech membobol gawang Sheffield lewat serangan balik. Laga berakhir 2-0 untuk Chelsea.


Susunan Pemain:

CHELSEA (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Kurt Zouma, Andreas Christensen (Azpilicueta 63), Ben Chilwell; Callum Hudson-Odoi (Havertz 72), Mateo Kovacic, Billy Gilmour (Ziyech 72), Emerson; Mason Mount, Christian Pulisic (Kante 82); Olivier Giroud (James 63)

SHEFFIELD UNITED (4-4-2): Aaron Ramsdale; George Baldock, Phil Jagielka, Enda Stevens, Ben Osborn; Jayden Bogle, John Lundstram, Oliver Norwood (Brewster 79), John Fleck; David McGoldrick, Oliver McBurnie (Burke 75)