Piala Indonesia: Djanur Sebut Wasit Punya Andil dalam Kegagalan Persebaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 27 Juni 2019
Piala Indonesia: Djanur Sebut Wasit Punya Andil dalam Kegagalan Persebaya
Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya gagal melaju ke babak semifinal Piala Indonesia. Mereka harus mengakui ketangguhan Madura United dengan agregat 3-2, usai kalah 1-2 pada leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Kamis (27/6) sore.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menilai kepemimpinan wasit Dodi Setia Purnama mempunyai andil besar pada hasil laga bertajuk Derby Suramadu ini. Menurutnya Persebaya seharusnya memiliki dua kesempatan penalti.

Pertama pada menit ke-55 ketika umpan silang Damian Lizio memantul mengenai tangan Alfath Faathier sebelum bola disapu Muhammad Ridho Djazulie dari garis gawang. Namun sang pengadil tidak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran. Kemudian pada menit ke-67 saat Muhammad Ridho Djazulie melanggar Amido Balde di dalam kotak penalti Laskar Sapeh Kerrab – julukan Madura United. Lagi-lagi wasit asal Indramayu itu tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Baca Juga:

Tekuk Persebaya 2-1, Madura United Tantang PSM Makassar di Semifinal

Faktor yang Buat Striker Persija Marko Simic Tak Pandang Rendah Borneo FC

“Boleh kan kalau saya ngomong soal wasit? Boleh ya? Dua penalti seharusnya kami dapat di pertandingan ini. Saya sebelum datang kesini (jumpa pers), saya bertanya dulu kepada yang nonton di tribun sama yang merekam dan yang menonton di televisi,” ujar Djanur, sapaan akrabnya, dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.

“Dan jauh (di dalam kotak penalti) Amido Balde dijatuhkan Muhammad Ridho Djazulie. Ada sekitar 1,5 meter di dalam kotak penalti. Pun demikian ketika handsball, jelas-jelas kalau tidak kena tangan pasti gol,” imbuh pelatih asal Majalengka itu.

Lebih lanjut Djanur berharap agar kualitas wasit bisa lebih ditingkatkan. Karena menurutnya hal itu merupakan salah satu upaya memperbaiki sepakbola Indonesia.

“Tetapi proses (kegagalan Persebaya) seperti itu. Andil wasit cukup jelas di pertandingan hari ini. Jadi kalau kita semua ingin memperbaiki sepak bola Indonesia, tolong dong yang begini-begini tidak dibiarkan terus. Dan supaya saya tidak salah ngomong, bisa dicek kembali kebenaran omongan saya. Baik itu (rekaman) yang handsball dan pelanggaran Amido Balde,” tandasnya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Persebaya surabaya Madura united Piala Indonesia Breaking News Wasit
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan