Piala Indonesia: Klub Peserta Liga 1 Bermain dari Babak Awal bersama Tim Liga 3

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 13 April 2018
Piala Indonesia: Klub Peserta Liga 1 Bermain dari Babak Awal bersama Tim Liga 3
Plt. Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, memastikan bahwa klub peserta Liga 1 2018 tetap akan mengikuti babak awal Piala Indonesia. Artinya, klub peserta Liga 1 bisa bertemu dengan tim amatir Liga 3.

Piala Indonesia rencananya akan diikuti 128 klub dari Liga 1 hingga Liga 3. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akan memanggil peserta untuk melakukan managers meeting pada 16 dan 17 April 2018.

Setelah itu, PSSI baru akan mulai melakukan sosialisasi Piala Indonesia pada 18 atau 19 April. PSSI juga berencana sang juara Piala Indonesia nantinya juga berhak berkiprah di Piala AFC 2019.

"Klub Liga 1 akan tetap dari awal kompetisi. Konsep ini penting dari sisi struktur. FIFA memiliki Piala Dunia, AFC memiliki Piala Asia, dan kita memiliki Piala Indonesia. Jadi ini sebuah warisan yang harus dipertahankan, rawat dengan mempertemukan seluruh strata kompetisi meski belum seluruh tim menjadi anggota PSSI," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dalam diskusi Free Kick PSSI Pers.

"Kehadiran klub-klub Liga 1 di babak awal dengan format yang dirancang sedemikian rupa akan mempertemukan klub Liga 1 dan Liga 3, misalnya Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, atau klub Liga 3 lainnya akan menjamu tim Liga 1. Jadi itu tentu akan menjadi berkah dan sensasi bagi penikmat sepak bola di Indonesia dan menjadi warna baru di Piala Indonesia," lanjutnya.

Meski begitu, PSSI menegaskan bahwa tidak semua tim Liga 3 bisa bertemu dengan klub peserta Liga 1, mengingat standarisasi stadion.

"Tim di divisi yang lebih bawah sebagai tuan rumah di Piala Indonesia. Jadi bermain di kandang tim Liga 3. Namun, tentu dengan catatan stadion harus memenuhi syarat," tegasnya.

Liga 1 Liga 2 Liga 3 Piala Indonesia Joko driyono Joko Driyonno PSSI
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan