Piala Indonesia Seharusnya Digelar bagi Persib Bandung

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 29 Agustus 2022
Piala Indonesia Seharusnya Digelar bagi Persib Bandung
Manajemen Persib saat memperkenalkan Luis Milla. (Bolaskor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono angkat bicara mengenai batalnya penyelenggaraan Piala Indonesia 2022/2023. Alasannya hanya karena akan membuat jadwal semakin padat dan ketidakhadiran sponsor.

Pria berkacamata ini mengaku sangat menyayangkan dengan batalnya turnamen akbar yang diikuti peserta Liga 3, Liga 2 dan Liga 1 itu. Sebab, turnamen itu sudah menjadi bagian dari setiap negara selain gelaran Liga.

"Pada prinsipnya kita ini sebagai pelaku di dunia sepak bola Indonesia. Idealnya Piala Indonesia itu ada karena di luar juga ada Liga, ada Piala FA, idealnya harusnya ada," ungkap Teddy Tjahjono, Senin (29/8).

Baca Juga:

Dua Asisten Luis Milla Selama Menukangi Persib Bandung Diketahui

Ketum PSSI Pastikan Piala Indonesia 2022 Batal Digelar

Meski demikian, Teddy Tjahjono harus memahami ketidakhadiran Piala Indonesia di musim 2022/2023 ini. Apalagi alasannya hanya karena akan membuat jadwal semakin padat dan kesulitan mendapatkan sponsor.

"Kita sebagai pelaku, sebagai anggota akan mengikuti keputusan tersebut," tegasnya.

Teddy Tjahjono mengaku sangat menginginkan gelaran Piala Indonesia. Terlebih, tim yang juara mendapatkan jatah untuk tampil di AFC Cup .

"Kita sih inginnya ada Piala Indonesia. Tapi saya rasa ada alasan tertentu, kita sih sebagai anggota ngikut aja. Apalagi sponsor itu wajib ada. Tapi kalau memang ada kendala, sebagai klub yang berpartisipasi ikut aja apa pun keputusannya," tegasnya kembali.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan Piala Indonesia 2022/2023 batal digelar. Turnamen pendamping kompetisi itu urung berlangsung karena persoalan waktu dan sponsor.

PSSI kesulitan dalam membagi jadwal pertandingan Piala Indonesia dengan kompetisi Liga 1 hingga Liga 3. Kompetisi Liga 1 sudah berlangsung sejak 23 Juli 2022 dan saat ini memasuki pekan ketujuh.

Sedangkan Liga 2 baru bergulir mulai Minggu (28/8) sore WIB yang dibuka oleh laga antara Persikab Kabupaten Bandung dan PSIM Yogyakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Sebelumnya, PSSI menjadwalkan Piala Indonesia 2022 digelar lintas tahun. Dimulai pada Agustus 2022 dan berakhir Maret 2023. Peserta Piala Indonesia 2022 terdiri dari 18 klub Liga 1, 28 tim Liga 2, dan 18 tim Liga 3.

"Kelihatannya enggak (jadi). Karena waktu, padatnya jadwal," kata Iriawan di Bandung, Minggu (28/8).

Selain persoalan waktu, PSSI juga kesulitan mendapatkan sponsor. Padahal itu merupakan hal paling krusial.

"Yang terpenting sponsor. Sponsor mungkin situasi (baru) selesai COVID-19. Mungkin tahun depan Insyaallah," tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Piala Indonesia terakhir kali digelar PSSI pada 2019. Ketika itu PSM Makassar keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan agregat 2-1. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Piala Indonesia Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan