Piala Menpora 2021: Tekuk Barito Putera, Persija Tantang PSM di Semifinal

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 10 April 2021
Piala Menpora 2021: Tekuk Barito Putera, Persija Tantang PSM di Semifinal
Marko Simic menjadi penentu dalam laga Persija Jakarta Vs Barito Putera. (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta berhasil lolos ke babak semifinal Piala Menpora 2021 usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas Barito Putera pada pertandingan babak delapan besar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4) malam.

Barito Putera memulai pertandingan dengan melakukan tekanan ke gawang Persija. Tapi justru malah Persija lah yang mendapatkan peluang emas terlebih dahulu. Berawal dari sepakan pojok sundulan Marco Motta masih bisa diantisipasi bek Barito Putera.

Pertandingan belum genap berjalan sepuluh menit, Barito Putera harus kehilangan satu pemain akibat cedera. Pemain tersebut adalah Amiruddin Bagas Kaffa. Bagas Kaffa mengalami cedera lantaran salah jatuh usai menghalau bola umpan crossing.

Barito Putera sempat melakukan serangan, namun sulit menembus pertahanan Macan Kemayoran karena sangat rapat. Sampai dengan menit ke-20 skor masih 0-0. Kedua tim sama-sama mencari celah untuk mendapatkan peluang.

Baca Juga:

Pelatih Persija Beberkan Kondisi Rohit Chand dan Marc Klok

Djadjang Nurdjaman Waspadai Bola Mati Milik Persija

Selepas water break Barito Putera semakin gencar melakukan tekanan. Menit ke-32 Laskar Antasari mendapatkan peluang emas dari tendangan bebas, tapi sayang tendangan yang dilakukan oleh Rizky Pora masih bisa dihalau oleh Marco Motta.

Menit ke-44 Persija mendapatkan peluang emas. Berawal dari sepak penjuru dari Marc Klok sundulan Osvaldo Haay masih bisa dihalau oleh Muhammad Riyandi. Selang satu menit giliran Marko Simic yang dapat peluang emas, tapi dewi fortuna masih belum berpihak untuk Persija.

Di sisa pertandingan babak pertama dengan tambahan waktu empat menit, Persija mampu melakukan ancaman salah satunya lewat sepakan bebas Marc Klok. Tapi hingga peluit akhir dibunyikan skor kaca mata tidak berubah untuk kedua tim.

Sudirman mencoba memasukan tenaga tambahan di babak kedua. Ia memasukan Riko Simanjuntak menggantikan Alfriyanto Nico. Masuknya Riko membawa angin segar dan mampu menciptakan beberapa peluang emas untuk Persija Jakarta.

Menit ke-54 Persija mendapatkan peluang untuk mencetak gol pertama. Pergerakan Riko tidak bisa dihalau bek Barito Putera. Umpan matangnya mampu disundul oleh Osvaldo Haay, tapi sayang masih terlalu lemah dan ditangkap mudah oleh Riyandi.

Selang dua menit, Macan Kemayoran dapat kesempatan mencetak gol. Kali ini lewat tendangan Marko Simic, tapi masih bisa dihalau Luthfi Kamal, padahal gawang Barito Putera yang sudah kosong.

Kerja keras Persija akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61. Duet Marko Simic dan Riko Simanjuntak lah yang menjadi pembeda pada pertandingan ini. Riko yang lolos dari kawalan dari bek Barito mampu memberikan umpan matang ke Simic yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Riyandi.

Masuk menit ke-69 Persija mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua. Kombinasi dari Riko Simanjuntak dan Marco Motta di sisi kiri pertahanan Barito Putera mampu mengirimkan umpan matang ke Osvaldo tapi sayang tendangan dari Osvaldo masih membentur pemain Barito Putera.

Tersentak dengan gol tersebut Barito Putera langsung melakukan tekanan ke gawang Persija. Namun serangan-serangan yang dibangun oleh Bayu Pradana dan kawan-kawan masih membentur pertahanan berlapis dari Persija Jakarta.

Menit ke-90 sebenarnnya Persija mampu mencetak gol kedua dari sepakan penjuru. Tapi sayang gol tersebut anulir oleh wasit karena pemain Persija dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain Barito Putera.

Masuk injury time Barito Putera mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun sayang tendangan dari Cassio de Jesus masih bisa dihalau oleh Andritany. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta pada laga ini.

Kemenangan 1-0 ini cukup membawa Persija untuk melaju ke babak semifinal. Nantinya di babak semifinal Persija akan menghadapi PSM Makassar yang terlebih dahulu lolos usai mengalahkan PSIS Semarang lewat adu tendangan penalti.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (GK); Rezaldi Hehanussa, Marco Motta, Tony Sucipto, Rohit Chand; Marc Klok, Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute; Alfriyanto Nico, Osvaldo Haay, Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

Barito Putera (4-3-3): Muhammad Riyandi (GK); Bagas Kaffa, Cassio de Jeusus, Muhammad Rifky, Rizky Pora; Bayu Pradana, Lutfi Kamal, Alif Jaelani; Ambrizal Umainailo, Muhammad Firli, Bissa Donald

Pelatih: Djajang Nurdjaman

Persija jakarta Barito Putera Breaking News Piala menpora
Posts

4.871

Bagikan