Piala Menpora Akan Jadi Nama Turnamen Pramusim

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 18 Februari 2021
Piala Menpora Akan Jadi Nama Turnamen Pramusim
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersama Menpora Zainudin Amali. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk menggelar turnamen pramusim, sebelum menggelar kembali Liga 1 dan Liga 2 2021. Rencananya, turnamen pramusim ini akan dilangsungkan pada 20 Maret 2021 mendatang.

PSSI, Menpora, para perwakilan Klub Liga 1 dan Liga 2, beserta suporter sepak bola di Tanah Air akan menggelar pertemuan secara virtual, pada Kamis (18/2). Pertemuan ini akan membahas pelaksanaan turnamen pramusim sekaligus sosialiasasi protokol kesehatan (prokes).

Salah satu yang akan dibahas nanti adalah penamaan turnamen tersebut. Turnamen tersebut rencananya akan dinamakan Piala Menpora. Kepastian ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Republik Indonesia, Gatot S Dewa Broto.

Baca Juga:

Kemenpora Buka Peluang Turnamen Pramusim Dapat Vaksinasi COVID-19

PT LIB: Turnamen Pramusim Jalan Terus di Bulan Ramadan

"Iya memang rencananya turnamen pramusim ini akan dinamakan Piala Menpora," kata Gatot saat dihubungi oleh awak media.

"Ya memang itu surat dari PSSI soal penamaan itu, prinsipnya kami tidak keberatan dengan penamaan tersebut asal izinnya keluar dari pihak kepolisian. Kan izin dari pihak kepolisian belum keluar," ia menambahkan.

Gatot menjelaskan, nama tersebut merupakan usulan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Hal itu ia sampaikan dalam perencanaan yang dibuat oleh PSSI dan PT LIB terkait dengan turnamen pramusim yang sudah dipaparkan di depan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Nantinya akan ada 20 tim yang berpartisipasi dalam turnamen pramusim ini, 18 diantaranya merupakan tim-tim yang bermain di Liga 1. Sementara dua tim lainnya adalah tim Liga 2 yaitu PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

Lalu 20 tim akan dibagi dalam empat grup wilayah, yakni Kota Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang sebagai venue. Opsi lain yakni Samarinda, Lampung, dan Palembang.

Format turnamen menggunakan single round robin. Juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di delapan besar, format menggunakan sistem single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitupun babak semifinal dan final.

Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali Liga 2 Pssi PT Liga Indonesia Baru Breaking News Liga 1 Gatot S Dewa Broto Menpora
Posts

4.871

Bagikan