BolaSkor.com - Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2019 setelah berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4).

Alhasil, Arema FC unggul agregat 4-2 dari Persebaya, setelah di final leg pertama main imbang 2-2. Dengan hasil ini Arema FC berhasil menjadi tim yang berhasil meraih dua gelar di Piala Presiden, setelah sebelumnya meraih gelar pada tahun 2017.

Harus meraih kemenangan pada leg kedua ini, Persebaya Surabaya langsung tampil menyerang. Bahkan mereka sudah mulai mendapatkan peluang saat pertandingan dimulai namun penampilan Kurniawan Kartika Aji cukup gemilang untuk menahann serangan Persebaya Surabaya.

Sama halnya dengan sang tuan rumah, meski sudah unggul dalam produktivitas gol di kandang Persebaya Surabaya tapi Arema FC tetap tampil menyerang. Tim berjuluk Singo Edan ini juga melakukan gebrakan yang membahayakan gawan Persebaya Surabaya yang dikawal oleh Abdul Rohim.

Arema FC langsung membuka peluang pertama lewat pergerakan dari Riky Kayame namun peluangnya tidak berhasil mencetak gol. Tersentak dengan peluang tersebut Manuchehr Jalilov langsung melakukan balasan, namun tendangan kerasnya masih membetur mistar gawang Arema FC.

Lepas dari dua peluang tersebut laga final leg kedua ini sangat panas. Layaknya pertandingan derbi dan memiliki tensi yang tinggi, benturan-benturan keras sering terjadi di lapangan tengah. Tapi benturan tersebut masih dalam batas wajar yang membuat babak pertama masih minim kartu kuning.

Akhirnya, pada menit ke-43, Arema FC behasil membuka keunggulan. Berawal dari serangan balik cepat, Ahmad Nur Hardianto berhasil memamfaatkan peluang tersebut dan mencetak gol pertama pada pertandingan final leg kedua ini.

Baca Juga:

Build Trust in Society, Nilai Tersembunyi Piala Presiden untuk Kemajuan Bersama

Memajukan Ekonomi Sepak Bola Indonesia Lewat Piala Presiden 2019

Babak kedua, Persebaya Surabaya yang butuh gol untuk mengejar ketertinggalan langsung tetap melakukan taktik menyerang. Namun lini serang Persebaya Surabaya masih terbentur dengan pertahanan Arema FC yang kokoh dan sangat efektif dalam mengantisipasi peluang.

Berbeda dengan Arema FC, palatih Arema FC, Milomir Seslija menampilkan strategi yang benar-benar efektif. Menumpuk pemain di pertahanan, pelatih asal Bosnia ini mengandalkan serangan balik dan dari strategi ini Arema FC bisa melakukan serangan yg efektif.

Benar saja, pertandingan sudah memasuki masa injury time. Kesalahan yang dilakukan oleh Abdul Rohim, dimanfaatkan oleh Riky Kayame yang berhasil mencetak gol kedua dan mengunci kemenangan Arema FC.

Susunan pemain:
Arema FC: Kurniawan Kartika Aji, Arthur Cunha, Hamkan Hamzah, Hanif Sjahbandi, Johan Alfarizi, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Konate Makan, Ahmad Nur Hardianto, Dedik Setiawan, Riky Kayame

Persebaya Surabaya: Abdul Rohim, Hansamu Yamapranata, Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Abi Rizal Maulana, Misbakus Solihin. Amido Balde, Damian Lizio, Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov. (Reporter/Hadi Febriansyah)