Piala Presiden 2022 Resmi Di-launching, Hadiah Berpotensi Dinaikkan

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 06 Juni 2022
Piala Presiden 2022 Resmi Di-launching, Hadiah Berpotensi Dinaikkan
Launching Piala Presiden 2022. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2022 secara resmi di-launching di Senayan, Jakarta, Senin (6/6) sore. Hadir dalam launching tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Selain itu, Akhmad Hadian Lukita dan Sudjarno selaku Organizing Committee Piala Presiden 2022. Hadir juga pemegang hak siar, sponsor, hingga perwakilan dari Mabes Polri.

"Turnamen pramusim untuk persiapan klub memasuki liga. Saya berharap dimaksimalkan serius untuk musim 2022/2023. Ini sekaligus menjadi ajang dengan penonton. Kita harap PSSI dan LIB mempersiapkan betul," kata Zainudin Amali.

Baca Juga:

Thomas Doll Berhasil Ubah Gaya Main Persija Walau Kalah dari Sabah FC

Dewa United FC Pasang Target Bertahap di Piala Presiden 2022

Piala Presiden 2022 akan digelar mulai 11 Juni hingga 17 Juli. Sebanyak 18 klub Liga 1 dibagi ke dalam empat grup.

Grup A berisikan Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United FC, Persita Tangerang, PSS Sleman dan akan diselenggarakan di Solo. Grup B terdapat Borneo FC Samarinda selaku tuan rumah, Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Nusantara FC, Madura United.

Grup C terdapat Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya dan akan digelar di Bandung. Sedangkan Grup D akan dimainkan di Malang di mana Arema FC akan menjadi tuan rumah bagi Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.

Piala Presiden 2022 menyediakan hadiah sebesar Rp2 miliar bagi juara. Sementara runner-up akan mendapat Rp1 miliar, peringkat ketiga dan keempat masing-masing Rp500 juta.

"Sebenarnya turnamen ini disiapkan PSSI dan LIB ketika belum dapat kepastian sponsor. Tadinya juara 2 miliar. Runner-up 1 miliar serta peringkat 3-4 masing-masing 500 juta," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

"Tadi disampaikan Ketua Umum akan ditambah. Setelah dapat kepastian, berapa sponsor kami terima. Dalam 1-2 hari akan kami pastikan dan lebih besar," sambungnya.

Sementara itu, tuan rumah Grup A dan B yakni Persis Solo dan Borneo FC akan mendapat subsidi Rp800 juta. Sedangkan tuan rumah Grup C dan D mendapat Rp600 juta.

"14 klub kecuali tuan rumah 100 juta untuk transportasi. Untuk hotel peserta ditanggung tuan rumah, karena tuan rumah mendapat subsidi."

Sementara itu, Sudjarno menjelaskan bahwa Piala Presiden 2022 menyediakan matchfee. Tim yang meraih kemenangan mendapat Rp125 juta, sementara yang kalah Rp75 juta. Tim yang meraih hasil seri mendapat Rp100 juta.

"Kita regulasikan, sementara matchfee 200 juta untuk tiap laga," jelas Sudjarno.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Piala Presiden Piala Presiden 2022 Liga 1 Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan