Piala Presiden Dimulai pada Maret 2019

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 01 Februari 2019
Piala Presiden Dimulai pada Maret 2019
Iwan Budianto. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto, memastikan kick off Piala Presiden 2019 bergulir pada bulan Maret mendatang. Tepatnya berlangsung dari tanggal 2 Maret hingga 13 April mendatang.

"Jadi, kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman sponsor dan klub Liga 1 Piala Presiden tetap kami gelar," ujar Iwan kepada wartawan, Jumat (1/2).

Iwan Budianto menjelaskan bahwa Piala Presiden tidak akan mengganggu jadwal Piala Indonesia yang akan memasuki babak 16 besar. Begitupun, Timnas Indonesia yang berhadapan melawan Myanmar, dalam laga uji coba pada 25 Maret mendatang.

"Kurun waktunya, kami tuntaskan dulu babak 32 besar Piala Indonesia sampai 15 Februari. Lalu, antara tanggal 15-22 Februari babak 16 besar, dan menyisakan delapan tim di babak delapan besar. Itu kami akan gelar di pertengahan bulan setelah kompetisi berjalan," ujar pria yang akrab disapa IB tersebut.

"Jadi ada jeda antara babak penyisihan dengan final itu kira-kira 12 hari, di mana coach Simon McMenemy akan mengumpulkan pemain untuk persiapan di Myanmar," tambahnya.

Baca Juga:

Arema FC Lakukan Hal Ini Demi Menjadi Tuan Rumah Piala Presiden

Format Piala Presiden 2019 Tidak Berubah

Piala Indonesia akan Molor karena Piala Presiden

Piala Presiden sudah diadakan sebanyak tiga kali. Piala Presiden 2015 sebagai ajang kekosongan kompetisi akibat pembekuan PSSI yang dilakukan Menpora Imam Nahrawi, disusul dengan sanksi FIFA. Kala itu, Persib Bandung keluar sebagai juara.

Kemudian pada tahun 2017, Piala Presiden digelar sebagai ajang pramusim. Ketika itu, Arema FC menjadi juara. Pada tahun 2018, giliran Persija Jakarta yang menjadi juara.

Format Piala Presiden tidak mengalami perubahan. Melibatkan dua tim dari Liga 2 dan 18 tim Liga 1, untuk melengkapi komposisi 5 tim di setiap grupnya. Perubahan hanya akan terjadi pada komposisi tim, lantaran adanya sistem promosi dan degradasi di kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Nantinya, babak penyisihan grup, delapan besar, dan final menggunakan sistem home tournament. Sedangkan laga semifinal dengan sistem kandang-tandang.

Iwan budianto Pssi Piala Presiden Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan