BolaSkor.com - Penantian panjang akan kembalinya Piala Thomas ke Indonesia terbayar sudah. Setelah 19 tahun berkelana, trofi kejuaraan beregu paling bergengsi itu akhirnya kembali ke Tanah Air.

Akan tetapi, tak ada Merah Putih yang berkibar di podium tertinggi kali ini. Pil pahit harus ditelan lantaran sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Tim Indonesia yang berdiri di podium tertinggi Piala Thomas 2020, Minggu (17/10) hanya bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan bendera PBSI yang berkibar. Tak ada Merah Putih kali ini untuk dihormati.

Indonesia mendapat sanksi untuk mengibarkan Merah Putih di semua event internasional. Sanksi tersebut diberikan setelah Indonesia tidak memberikan sampe tes doping pada 2020 dan 2021.

Baca Juga:

Penantian 19 Tahun Lunas, Indonesia Juara Piala Thomas 2020

Piala Thomas: Fajar/Rian Menang, Indonesia Unggul 2-0

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam keterangannya beberapa waktu lalu menjelaskan mengapa sampel tak bisa diberikan. Tak adanya event olahraga menjadi penyebab.

“Sampel itu diambil kalau ada kejuaraan atau kompetisi maupun turnamen. Kalau tidak ada bagaimana mau ambil sampel kan begitu ya. Sehingga Indonesia tidak bisa memenuhi sampel itu,” ujar Amali.

“Itu yang yang dianggap tidak patuh. Kemudian kita berkirim surat menjelaskan situasi yang kita hadapi ini dan akhirnya mereka memahami," imbuhnya.

Namun, nasi telah menjadi bubur. Tim Piala Thomas sudah terlanjur berdiri di podium tertinggi tanpa Merah Putih.

Dengan keberhasilan merebut Piala Thomas 2020, Indonesia menjadi negara tersukses dalam kejuraan beregu tersebut. Total, Indonesia sudah mengoleksi 14 trofi sejak 1958.