BolaSkor.com - Timnas Wanita Thailand secara dramatis menjadi juara Piala AFF Wanita 2018. Itu setelah memetik kemenangan 3-2 atas Australia U-20 dalam partai final di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (13/7) malam.

Kemenangan diperoleh setelah tertinggal lebih dulu. Thailand kebobolan pada menit ke-26 melalui gol Mary Boio Fowler. Itu menjadi satu-satu gol di babak pertama.

Mary Boio Fowler kembali membobol gawang Thailand pada menit ke-58. Thailand dalam posisi tertinggal 0-2 sebelum membalikkan keadaan.

Thailand mencetak gol pertama pada menit ke-59 melalui Suchawadee Nildhamrong. Sementara gol kedua dibuat Orathai Srimanee pada menit ke-70.

Gol penentu kemenangan dicetak oleh Rattikan Thongsombut pada menit ke-73. Thailand unggul 3-2 yang bertahan hingga laga berakhir.

Timnas Wanita Thailand Vs Australia U-20. (ThailandNTOfficial)



Thailand sekaligus mempertahankan gelar. Bagi Thailand ini merupakan gelar keempat sejak Piala AFF Wanita digelar mulai 2004. Gelar juara sebelumnya disandang pada edisi 2011, 2015, dan 2016.

Sementara Australia U-20 menjadi runner-up. Vietnam menyandang predikat peringkat ketiga setelah mengalahkan Myanmar 3-0 di partai perebutan tempat ketiga.

Tiga gol Vietnam dibuat oleh Nguyen Thi Tuyet Dung (10'), Nguyen Thi Van (69'), dan Pham Hai Yen (70').