BolaSkor.com - Arsene Wenger membahas rekrutan bursa transfer musim dingin yang pernah dilakukan oleh Arsenal. Dari banyaknya rekrutan tengah musim yang pernah dilakukan The Gunners, eks manajer legendaris Arsenal itu memilih Nwankwo Kanu.

Selama 22 tahun melatih Arsenal (1996-2018) Wenger bukanlah penggemar transfer yang dilakukan tengah musim atau pada Januari. Namun faktanya cukup banyak transfer Arsenal yang terjadi pada bulan pertama dalam kalender tahunan tersebut.

Sejumlah rekrutan itu seperti Theo Waltcott, Emmanuel Adebayor, Jose Antonio Reyes, Andrey Arshavin, Nacho Monreal, Emmanuel Eboue, Nwankwo Kanu, Henrick Mkhitaryan, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Semua memberi kontribusi yang berbeda.

Tidak mudah melakukan transfer pemain pada Januari, sebab pilihan pemain bagus terbatas. Belum lagi proses adaptasi pemain dengan klub baru yang memiliki filosofi bermain berbeda. Tak ayal transfer tengah musim kerapkali dimanfaatkan untuk menambal area yang masih lemah atau kehilangan pemain karena cedera.

Baca Juga:

Highbury dan Hilangnya 'Jiwa' Arsenal Sejak Pindah ke Emirates Stadium

Kurangnya Penghargaan Arsenal untuk Arsene Wenger

5 Penyerang Tertajam Arsenal Era Arsene Wenger

Arsene Wenger

Di antara rekrutan jendela transfer Januari Arsenal tersebut, Aubameyang sedianya bisa dijadikan tolok ukur kesuksesan klub melakukan transfer. Direkrut dari Borussia Dortmund pada Januari 2018, Aubameyang langsung menyegel tempat di lini depan.

Pada akhir musim 2017-18 striker asal Gabon mencetak 10 gol dan empat assists dari 13 laga Premier League. Musim lalu Aubameyang berbagi gelar top skor Premier League dengan duo Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah yang mencetak 22 gol.

Musim ini ketajamannya berlanjut dengan catatan 17 gol di Premier League sebelum liga berhenti karena virus corona. Aubameyang berada di belakang Jamie Vardy - striker Leicester - dalam daftar pencetak gol terbanyak Premier League.

Namun alih-alih memilih Aubameyang atau Walcott yang bermain lama dengan Arsenal, Wenger lebih memilih Kanu. Striker asal Nigeria direkrut Wenger pada 1999 dari Inter Milan sebesar 4,15 juta poundsterling.

Nwankwo Kanu dan Arsene Wenger

Kanu (43 tahun) bermain di Arsenal hingga 2004 sebelum pindah ke West Bromwich Albion (WBA) dan pensiun pada 2012 dengan Portsmouth. Dalam kurun waktu lima tahun dengan Arsenal Kanu meraih dua titel Premier League, dua Piala FA, dan satu Charity Shield.

"Mungkin Kanu (rekrutan terbaik Arsenal pada Januari). Di (transfer) tengah musim. Dia punya dampak besar dan pemain yang sangat besar," tutur Wenger kepada beIN Sports.

Pada musim 1999-2000 Kanu mencetak tujuh gol dan memberikan dua assists dari lima kans menjadi starter di Premier League. Total Kanu menorehkan 44 gol dari 197 laga dengan Arsenal. Pada 2008 Kanu berada di urutan 13 pemain terhebat Arsenal versi pilihan fans.