Pimpin Laga Barcelona Vs Bilbao, Gil Mazano Bukan Sosok yang 'Bersahabat' untuk Blaugrana

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 23 Juni 2020
Pimpin Laga Barcelona Vs Bilbao, Gil Mazano Bukan Sosok yang 'Bersahabat' untuk Blaugrana
Gil Manzano (Twitter)

BolaSkor.com - Pasca bermain imbang tanpa gol melawan Sevilla di LaLiga, Barcelona butuh kemenangan untuk kembali mengambil singgasana puncak klasemen dari tangan Real Madrid. Barca dan Madrid sama-sama mengoleksi 65 poin, namun Madrid unggul head to head hingga bisa berada di urutan satu.

Pada laga berikutnya di pekan 31 LaLiga Barcelona akan menjamu Athletic Club Bilbao di Camp Nou, Rabu (24/06) dini hari WIB. Tiap laga akan menjadi laga final bagi Barcelona dan Real Madrid dalam perburuan titel LaLiga.

Panasnya persaingan itu tidak hanya terasa dalam pertandingan El Clasico melainkan juga psywar kedua kubu. Baru ini bek Barcelona Gerard Pique menuturkan ucapan kontroversial pasca imbang melawan Sevilla.

Terang-terangan Pique menilai wasit berpihak kepada Real Madrid dan ini akan menyulitkan timnya untuk mempertahankan titel LaLiga. Ucapan Pique itu seakan menjadi kenyataan kala Madrid 'terbantu' oleh VAR ketika menang 2-1 atas Real Sociedad baru ini.

Baca Juga:

Real Madrid dan Barcelona Berpeluang Ulangi Drama LaLiga Musim 2006-2007

Quique Setien Nilai VAR Tidak Digunakan Secara Benar

5 Pelatih Terburuk dalam Sejarah Barcelona

Gil Manzano dan Gerard Pique

Wasit yang memimpin laga antara Barcelona kontra Bilbao nanti pun 'bukan sahabat' untuk Blaugrana. Dia adalah Gil Manzano. Ada tiga momen ketika Barcelona mempertanyakan Gil Manzano kala ia memimpin laga dan juga berada di ruang VAR.

Pada awal musim ini Barca bermain di markas Sociedad dan berakhir 2-2. Pique di laga itu dijatuhkan di area terlarang dan seyogyanya berbuah penalti yang bisa memberikan kemenangan untuk Barca.

Akan tapi Javier Alberola Rojas, wasit laga kala itu tidak berdiskusi dengan VAR - Manzano jadi wasit VAR - saat Pique dijatuhkan. Alhasil Barcelona mengirimkan surat resmi keluhan kepada Luis Rubiales, Presiden RFEF atas kinerja wasit itu.

Pique bahkan pernah beradu kata dengan Manzano pada musim 2018-19 ketika Barcelona melawan Girona. Bek Barca, Clement Lenglet diberi kartu merah olehnya dan Pique tak terima. "Sejarah sudah berbicara sendiri (soal Manzano)," cetus Pique kala itu.

Terakhir menurut Marca Pique juga pernah mengkritik Manzano pada 2017 kala Madrid menang 3-2 atas Villarreal karena penalti yang kontroversial. Tak ayal kinerja Manzano di laga Barcelona vs Bilbao akan menjadi sorotan nanti.

Secara menyeluruh Gil Manzano sudah 23 kali memimpin laga Barcelona dengan catatan: 15 kemenangan Barcelona, lima hasil imbang, tiga kekalahan, dan enam kartu merah.

Breaking News Barcelona LaLiga Gerard Pique
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan