BolaSkor.com - Valentino Rossi bakal memulai babak baru bersama Petronas Yamaha pada MotoGP 2021. Meski berada di tim satelit, The Doctor optimistis tetap bisa bersaing.

Apalagi, saat ini tim satelit tak boleh dipandang sebelah mata. MotoGP 2020 menjadi bukti bahwa rider tim satelit juga bisa bersaing.

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli menjadi bukti kuat. Keduanya merebut tiga kemenangan pada MotoGP 2020, bahkan lebih banyak ketimbang Joan Mir yang menjadi juara dunia.

Lalu ada rider KTM Tech3, Miguel Oliveira yang mengoleksi dua kemenangan. Mereka semua berasal dari tim satelit.

“Mungkin pindah ke Petronas tidak akan seburuk itu. Tim resmi punya kelebihan karena lebih banyak orang yang mengerjakan moto,” ujar Rossi dikutip dari GPOne.

Baca Juga:

Jadi Pengangguran, Tak Berarti Dovizioso Bebas Ongkang Kaki

Lorenzo Savadori dan Mendung yang Tak Kunjung Pergi dari Aprilia

"Tetapi, juga ada kekurangannya karena banyak hal yang harus diuji untuk menjalankan pengembangan. Dalam tim satelit, mereka hanya fokus pada kinerja untuk akhir pekan dan, akhir-akhir ini, tim satelit tampaknya lebih banyak bekerja," imbuh dia.

Pada MotoGP 2020, performa Petronas Yamaha justru lebih baik dari tim pabrikannya. Tak hanya merebut kemenangan lebih banyak, rider tim asa Malaysia tersebut, Morbidelli juga menempati posisi kedua klasemen akhir.