PJSI Bebaskan Atelt Judo yang Ingin Pindah Cabor

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 18 Januari 2019
PJSI Bebaskan Atelt Judo yang Ingin Pindah Cabor
Persatuan Judo Seluruh Indonesia (BolaSkor/Andhika Putra)

BolaSkor.com - Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) tak melarang para atletnya yang ingin berpindah cabang olahraga. Saat ini banyak judoka Tanah Air yang mulai melirik bela diri lain seperti Sambo dan Kurash.

Namun, PJSI meminta komitmen dari para atlet yang berpindah cabang olahraga. Mereka tidak bisa lagi tampil di ajang resmi sebagai judoka.

Sebelumnya, sempat muncul isu pelarangan atlet judo berpindah cabang olahraga yang digaungkan Forum Peduli Olahraga. Mereka menyebut PJSI membatasi ruang gerak atlet.

Baca Juga:

Indonesia Masters 2019 Harus Jadi Momen Kebangkitan Tunggal Putri

Dihukum PBSI, Bagaimana Peluang Wahyu Nayaka ke Olimpiade Tokyo 2020?

Hal tersebut kemudian dibantah Sekretaris Jendral PB PJSI, Bachtiar Utomo. PJSI tak pernah melarang para atlet belajar bela diri lain.

"Kami tidak melarang atlet untuk pindah cabang olahraga. Silakan saja berlatih sambo dan judo. Namun, kami minta atlet tetap fokus karena judoka yang sudah punya peringkat tinggi, tidak bisa berpindah cabang olahraga," ujar Bachtiar saat dijumpai di Gedung Bulog, Jumat (18/1).

"Kami tetap mengacu kepara Federasi Judo Internasional. Atlet yang sudah kami bisa harus menunjukkan komitmen mereka. Namun, kami tetap mempersilahkan mereka yang ingin berpindah cabang olahraga," sambungnya.

Untuk menunjukkan komitmen, PJSI meminta para atlet menandatangani surat perjanjian. Surat tersebut sudah dibagikan kepada 22 atlet judo Tanah Air.

"Kami memberikan kesempatan memilih cabang kepada 22 atlet judo. Sebanyak 11 atlet sudah kembali ke PJSI dan kami minta mereka fokus berlatih," ujar Bachtiar.

Breaking News Indonesia SEA GAMES SEA Games 2019
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan