Play-off Piala Dunia 2022: Haruskah Portugal Bermain Tanpa Cristiano Ronaldo?

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 Maret 2022
Play-off Piala Dunia 2022: Haruskah Portugal Bermain Tanpa Cristiano Ronaldo?
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Portugal akan memainkan laga penting pada play-off Piala Dunia 2022 melawan Turki, Jumat (25/03) pukul 02.45 dini hari WIB di Estadio do Dragao. Portugal berada di jalur C.

Di dalamnya selain ada Portugal dan Turki ada juga Makedonia Utara dan Italia. Jika mampu melewati hadangan Turki dan Italia mengalahkan Makedonia Utara, maka Portugal dan Italia akan bertemu di final.

Dalam situasi tersebut hanya akan ada satu negara yang lolos ke fase grup Piala Dunia 2022, antara Portugal atau Italia. Tak ayal play-off Piala Dunia 2022 itu menjadi krusial bagi Portugal khususnya Cristiano Ronaldo.

Piala Dunia 2022 bisa jadi event terbesar terakhir dalam karier Ronaldo yang kini sudah berusia 37 tahun. Dilema pun muncul dan memicu kontroversi: haruskah Fernando Santos memainkan Cristiano Ronaldo?

Baca Juga:

807 Gol dan Sederet Rekor Baru yang Diukir Cristiano Ronaldo

7 Pemain yang Tidak Beruntung Memenangi Ballon d'Or di Era Messi-Ronaldo

Mari Biasakan Diri Liga Champions Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

"Ini hampir seperti masalah politik, sesuatu yang membutuhkan pertemuan untuk mencapai kesepakatan tentang strategi untuk mempersiapkan pensiun Ronaldo dari tim nasional," kata Sergio Pires dari Mais Futebol.

"Saya merasa kontroversial untuk menyatakan bahwa sebuah tim tampil lebih baik tanpa pemain terbaiknya, terutama ketika Anda tidak memiliki rekam jejak permainan yang besar yang dimainkan dalam situasi seperti ini."

Kendati Portugal mungkin tidak pernah kalah tanpa dia di tim sejak 2014, dia melewatkan kemenangan 4-1 mereka atas Kroasia di Nations League, yang digambarkan sebagai penampilan terbaik oleh Fernando Santos, pelatih Portugal.

Itu memunculkan dilema karena ada beberapa pemain top di Portugal saat ini seperti Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Joao Felix, dan Diogo Jota. Jika Ronaldo bermain maka mereka tak bisa berekspresi bebas karena bola harus selalu diberikan kepadanya.

"Ini berbeda ketika Cristiano bermain," kata salah satu sumber yang dekat dengan skuad Portugal seperti dilansir Daily Mail.

"Cristiano adalah pemain penting, tetapi semua pemain ingin bermain untuknya dan semua sadar bahwa mereka harus mengoper bola untuknya."

"Kami memiliki pepatah di sini bahwa 'Tim adalah Ronaldo plus 10'. Tim lebih santai tanpa dia. Tim lebih baik tanpa dia."

Singkat kata ada beberapa opini yang menilai Ronaldo saat ini adalah 'beban' tim. Meski begitu Santos tak memedulikan perdebatan itu. "Saya tak berpikir tim mana pun di dunia dapat tampil lebih baik ketika pemain terbaik mereka tak bermain," urai Santos.

Breaking News Cristiano Ronaldo Portugal Timnas Portugal Piala Dunia 2022 Qatar Piala dunia 2022 Kualifikasi Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan