BolaSkor.com - Prawira Bandung memetik kemenangan atas Dewa United Surabaya pada leg pertama playoff IBL 2022 di C-Tra Arena, Sabtu (13/8). Prawira Bandung unggul dengan skor 78-74.

Prawira sebagai tim yang finis peringkat ketiga di fase reguler, berhadapan dengan Dewa United, yang finis di urutan keenam. Kedua tim sama-sama ingin memperbaiki percapaian musim lalu.

Pelatih Prawira, David Singleton, yang terpilih sebagai Coach of the Year musim ini, menurunkan tim terbaiknya. MVP IBL Tokpedia 2022 Abraham Damar Grahita dan Rookie of the Year Yudha Saputera menjadi andalan Singleton.

Sebaliknya, pelatih baru Dewa United Maximiliano Seigorman menurunkan lima pemain pertama berisi Nikolas Mahesa, Kevin Moses Eliazer Poetiray, Xaverius Prawiro, pemain asing Zorran Talley, dan kapten tim Kaleb Ramot Gemilang.

Kemenangan Prawira tidak lepas dari performa gemilang pemain asing anyar mereka, Dennis Miles Jr yang mencetak 19 poin. Dia dibantu Yudha Saputera yang membuat 15 poin, disusul Abraham Damar Grahita 13 poin dan Fahdani Guntara 12 poin.

Dari Dewa United, Kaleb Ramot Gemilang menjadi pencetak angka terbanyak dengan torehan 28 poin. Disusul Zoran Talley Jr dengan 20 poin.

Pertandingan dibuka dengan three point Kaleb. Lalu Prawira membalas dengan layup Yudha dan three point Reza. Dewa United sempat unggul 8-5 berkat Zorran Talley dan three point play Xaverius.

Dewa United terus memimpin hingga pertengahan kuarter pertama dengan skor 15-10. Namun Prawira bangkit di lima menit terakhir kuarter pertama dan menutup kuarter dengan keunggulan 20-15.

Dewa United mencoba untuk memberikan perlawanan pada kuarter kedua. Meski demikian, Prawira berhasil memperlebar keunggulan 37-31.

Memasuki kuarter ketiga, Dewa United bermain agresif. Namun, Kaleb Ramot dkk hanya mampu memperkecil ketinggalan menjadi 52-55 di akhir kuarter.

Usaha Dewa United berlanjut pada kuarter terakhir, bahkan sempat menyamakan skor. Namun, Prawira kembali bisa memimpin dan menjaga jarak. Prawira akhirnya berhasil menutup laga dengan skor 78-74.

Asa Dewa United untuk lolos ke babak berikut masih terbuka. Mereka harus memenangi leg kedua yang akan berlangsung Minggu (14/8) untuk memaksa leg ketiga.