Podium Pertama GP Prancis Buah Kesabaran Verstappen, Dapat Acungan Jempol

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 25 Juli 2022
Podium Pertama GP Prancis Buah Kesabaran Verstappen, Dapat Acungan Jempol
Max Verstappen. (Istimewa)

BolaSkor.com - Pembalap Tim Red Bull Racing Formula 1 (F1) Max Verstappen, kembali berhasil memenangkan balapan F1. Kali ini, Verstappen meraih podium utama pada GP Prancis 2022 di Sirkuit Paul Richard, Minggu (24/7) malam WIB.

Mobil RB18 tunggangannya mendominasi balapan selepas pertarungan sengit dengan Charles Leclerc yang berakhir di tikungan 11. Sedangkan rekan setimnya, Sergio Perez mampu menambah poin penting, namun harus puas finis pada posisi empat, akibat kondisi ban yang sudah tidak optimal untuk mengejar posisi tiga besar podium.

Sirkuit Paul Richard memang sangat menantang dengan 15 tikungan dan panjang lintasan sekitar 5.842 meter. Hal ini lantas membuat para pembalap harus berhati-hati menjalankan 53 lap. Apalagi dengan tata letak pit lane yang panjang, memaksa pembalap tak terlalu sering masuk ke pit lane.

“Kami memang sudah kencang sejak awal, meskipun di sirikut ini membuat ban kepanasan, sehingga harus ekstra hati-hati. Namun kami tetap berusaha untuk tetap tenang dan menjaga jarak,” ujar Verstappen.

Dirinya juga menyayangkan apa yang terjadi dengan Charles Leclerc. Padahal dari awal balapan, penonton disajikan tontonan seru karena keduanya sama-sama kencang. Akibat insiden yang terjadi oleh Leclerc karena melintir di pinggir lintasan tikungan 11 pada lap 18, membuat Verstappen lebih memperhitungan untuk melesatkan mobil bernomor 1 tersebut.

“Akibat kejadian itu, saya lebih berkonsentrasi menyelesaikan balapan dan memerhatikan kondisi ban. Pit lane sangat panjang di sini, sehingga menjadi perhitungan untuk melakukan pit stop tambahan,” jelas Verstappen.

Baca Juga:

Kebangkitan Verstappen di GP Austria 2022 Dapat Acungan Jempol

Kegigihan Duo Pembalap Red Bull di GP Inggris Patut Diacungi Jempol

Sementara itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara, memuji kesabaran Verstappen yang membuahkan hasil di GP Prancis 2022.

“Persaingannya sangat ketat di awal balapan. Verstappen sangat beruntung akibat kesalahan yang terjadi dengan rivalnya, dan membuat dirinya memimpin tak terkalahkan hingga akhir balapan. Sangat disayangkan yang terjadi dengan Perez, akibat kesalahan informasi dari tower perihal Virtual Safety Car (VSC) dan kondisi ban membuatnya kehilangan podium tiga,” ujar Sri Adinegara.

Sri Adinegara menyatakan bahwa seri balapan berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Hungaroring, pada gelaran GP Hongaria, 31 Juli 2022 mendatang.

“Persaingan kian memanas di pertengahan musim ini, berharap bisa melihat kembali kedua pembalap Tim Red Bull Racing F1 meraih podium ganda, dan Sergio Perez kembali di klasemen tertinggi Juara Dunia untuk dapat bersaing dengan Max Verstappen. Tentunya hasil tersebut akan menjadi kebanggaan bagi MobilTM Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1.”

Verstappen masih berada di puncak klasemen pembalap, dan berpeluang besar mempertahankan gelar Juara Dunia F1 dengan total raihan 233 poin. Sementara itu, rekan setimnya, Sergio Perez mengantongi 163 poin di posisi tiga klasemen. Hanya terpaut 7 poin dari Leclerc yang masih bertengger di posisi dua.

“Tapi masih banyak seri lagi, dan sebisa mungkin terus menambah poin penting, karena pertarungan belum berakhir,” ujar pembalap asal Belanda tersebut.

Max Verstappen
Max Verstappen. (Istimewa)

Di sisi lain, Perez bertekad kembali meraih podium di balapan GP Hungaria 2022. Demi mengejar Verstappen.

“Saya tak bisa lebih kencang, dan sayangnya tak bisa raih podium sesuai keinginan. Berusaha dengan manajemen ban, namun cukup sulit untuk menanganinya,” jelas Perez.

“Saya berharap bisa mengejar posisi 1-2, tapi pembalap di depan sangat kuat dan sangat sulit untuk menyalipnya. Ada beberapa hal yang perlu dianalisa dan berharap bisa memperbaiki laju mobil, dan kembali kuat di Hungaria,” tegas pembalap Meksiko ini.

Max Verstappen Red bull racing Formula 1 F1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.967

Bagikan