Polandia 0-3 Kolombia: Los Cafeteros Buka Peluang, Lewandowski dkk Terdepak

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 25 Juni 2018
Polandia 0-3 Kolombia: Los Cafeteros Buka Peluang, Lewandowski dkk Terdepak
Radamel Falcao (fifa.com)

BolaSkor.com - Kolombia secara gemilang mengalahkan Polandia 3-0 pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Kolombia menghidupkan kembali peluang mereka lolos ke babak 16 besar.

Polandia hadir ke lapangan dengan mengusung formasi ofensif 3-4-3. Trio Piotr Zielinski, Robert Lewandowski, dan Dawid Konacki menjadi andalah di lini depan. Sementara Kolombia bermain dengan 4-2-3-1. Radamel Falcao bertugas menjadi tombak tunggal dan disokong oleh James Rodrigues yang pada laga pertama absen.

Polandia langsung bermain agresif dengan melakukan pressing sejak laga dimulai. Namun pertahanan Kolombia masih bisa meladeni serbuan Polandia.

Laga berjalan sengit saat Kolombia mulai keluar menyerang. Kedua kubu bergantian melancarkan serangan, namun jarang mengancam gawang. Hingga menit ke-20 masing-masing tim tercatat hanya sekali melepaskan tembakan dan berbagi rata penguasaan bola.

Saat laga berjalan 30 menit, Kolombia mulai lebih sering melancarkan serangan, meski masih bisa diredam barisan belakang Polandia. Aliran serangan Kolombia akhirya berbuah manis.

Pada menit ke-40, berawal dari serangan dari sisi kanan, James Rodriguez melepaskan umpan silang akurat yang langsung ditanduk Yerry Mina yang unggul duel dengan Szczesny. Skor 1-0 untuk Kolombia.

Usai gol, Kolombia terus menggempur pertahanan Polandia. Namun, hingga babak pertama usai skor 1-0 untuk Kolombia tak berubah. Sepanjang babak pertama Kolombia sedikit lebih banyak menguasai bola dengan 57 persen. Ini tak lepas dari usaha mereka meningkatkan intensitas serangan pada 15 menit terakhir babak pertama.

Memasuki babak kedua Polandia mengambil inisiatif serangan demi bisa menyamakan keadaan. Namun Robert Lewandowski dkk acap disulitkan dengan serangan balik Kolombia tiap kali mereka kehilangan bola.

Pada menit ke-52, Radamel Falcao gagal memanfaatkan umpan Cuadrado. Bola sepakannya masih melambung di atas mistar. Menit ke-58, Polandia mendapatkan peluang. Namun usaha Lewandowski masih bisa dipatahkan kiper Kolombia Ospina.

Polandia terus mencoba mendapatkan gol penyeimbang. Namun bukannya gol yang didapat, justu gawang mereka kembali dijebol Kolombia pada menit ke-70. Sebuah umpan akurat Quintero mampu meloloskan Falcao yang dengan mudah menaklukkan Szczesny. Kolombia unggul 2-0.

Selang lima menit, Kazan Arena yang mayoritas diisi suporter Kolombia kembali bergetar. Lagi-lagi lewat skema serangan balik Cuadrado mencetak gol setelah menerima umpan terobosan cantik dari James Rodriguez, 3-0.

Sekitar tiga menit jelang waktu normal habis, Polandia nyaris mendapatkan gol hiburan. Sayang bola sepakan keras Lewandowski dari luar kotak penalti masih bisa dihalau secara spektakuler oleh Ospina. Skor 3-0 untuk Kolombia bertahan hingga laga usai.

Berkat kemenangan ini, Kolombia masih menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Saat ini Kolombia menempati peringkat ketiga Grup H dengan tiga poin. Artinya Kolombia akan lolos jika pada laga terakhir grup mereka menang atas Senegal. Sedankan Polandia dipastikan tersisih setelah gagal meraih poin dari dua laga.

Susunan Pemain

Polandia (3-4-3): Szczesny; Piszczek, Pazdan (Glik 80), Bednarek; Bereszynski (Teodorczyk 72), Krychowiak, Goralski, Rybus; Zielinski, Lewandowski, Kownacki (Grosicki 52)

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Arias, Sanchez, Mina, Mojica; Cuadrado, Aguilar (Uribe 32), Quintero (Lerma 73), Barrios, Rodriguez; Falcao (Bacca 77).

Piala Dunia 2018 Kolombia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.963

Bagikan