BolaSkor.com - Polda Jawa Barat susun 106 pasal standar operasional prosedur (SOP) pengamanan pertandingan sepak bola seiring tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 1 Oktober 2022 lalu.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan pasal-pasal tersebut muncul berdasarkan kesepakatan seluruh pihak. Mulai dari panpel, manajemen klub hingga para suporter masing-masing klub yang ada di wilayah Jabar.

Seperti halnya Persib Bandung, Persikabo 1973 dan RANS Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Lalu Persikab Kabupaten Bandung dan PSKC Cimahi yang berlaga di Liga 2 2022/2023.

"Ini bisa menjadi acuan bersama, SOP bersama dalam penyelenggaraan pertandingan di wilayah Jawa Barat," kata Kapolda Jabar dalam Forum Group Discussion (FGD) bertajuk 'Transformasi Persepak Bolaan Ditengah Dinamika Fanatisme Supporter' di Grand Pasundan Convention Hotel, Jalan Peta, Kota Bandung, Senin (10/10).

Baca Juga:

PSS Sleman Tak Libur, Pilih Berbenah dan Rutinkan Uji Coba

Mabes Polri Akui Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan Sudah Kedaluwarsa

Suntana memastikan tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang menjadi bahan evaluasinya. Ia tak ingin kejadian itu terjadi di wilayahnya, apalagi sampai memakan korban jiwa.

"Jadi tujuan pertemuan FGD ini adalah untuk menemukan semua aspek untuk pengelolaan pertandingan sepak bola di Jawa Barat yang lebih aman, lancar, nyaman, dan bermartabat."

"Sehingga perlu keterlibatan semua pihak, baik panpel, PSSI pusat, Bobotoh atau pendukung, dan pihak-pihak yang lain, untuk menjamin pertandingan berjalan aman dan nyaman, serta lancar sesuai yang diharapkan."

"Hindari fanatisme berlebihan, junjung jiwa sportivitas dalam setiap pertandingan. Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang menyelenggarakan kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengucapkan banyak terimakasih atas keseriusan pihak kepolisian Jawa Barat agar pertandingan berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah ini luar biasa karena ini untuk menertibkan dan untuk kenyamanan di Jabar. Kelihatan sekali, pak Kapolda sangat serius untuk pengamanan Persib, karena Persib tiap pertandingan apalagi dengan Persija dan Malang (Arema FC), itu luar biasa," pungkas Umuh Muchtar. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)