Polemik Penalti Jordan Henderson Ancam Harmonisasi Timnas Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 07 Juni 2021
Polemik Penalti Jordan Henderson Ancam Harmonisasi Timnas Inggris
Jordan Henderson. (Twitter)

BolaSkor.com - Laga uji coba Tim Nasional Inggris kontra Rumania menjadi ajang comeback Jordan Henderson. Sayang, gelandang Liverpool itu menandai momen istimewa tersebut dengan sebuah sikap kontroversial.

Dalam laga yang berlangsung di Riverside Stadium, Minggu (6/6), Inggris menutup laga dengan kemenangan 1-0. Marcus Rashford mencetak gol tunggal lewat titik penalti pada menit ke-68.

Ini menjadi modal berharga Inggris jelang bertarung di Piala Eropa 2020. The Three Lions dijadwalkan menantang Kroasia pada laga perdana grup D, Minggu (13/6) mendatang.

Baca Juga:

Hasil Laga Uji Coba Internasional: Belanda Pesta Gol, Inggris Menang

Timnas Inggris Sudah Tentukan Pengganti Alexander-Arnold

Prediksi Jose Mourinho Mengenai Kans Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

Henderson tampil sejak awal babak kedua pada laga kontra Rumania. Ini menjadi penampilan perdananya sejak mengalami cedera, Februari silam.

Henderson berpeluang menandai comeback-nya dengan sebuah gol setelah wasit memberikan hadiah penalti lagi hanya sepuluh menit setelah Rashford mencetak gol. Namun sepakan pemain berusia 30 tahun itu mampu dibaca dengan sempurna oleh kiper Rumania.

Menariknya, Henderson dianggap egois saat mengambil tugas sebagai eksekutor penalti. Ia seperti mencuri kepercayaan tersebut dari Dominic Calvert-Lewin yang sudah bersiap menjadi algojo penalti.

Momen Henderson mengambil bola dari Dominic Calvert-Lewin untuk mengeksekusi penalti.

Momen tersebut juga membuat Gareth Southgate selaku pelatih kurang nyaman. Ia tak mau hal seperti ini terulang kembali.

“Saya mengharapkan Dominic untuk mengambilnya dan ketika Hendo berjalan, saya pikir dia memastikan itu terjadi, jadi saya harus memeriksa apa yang terjadi,” kata Southgate usai pertandingan.

“Marcus dan James Ward-Prowse adalah dua pilihan (eksekutor penalti) di awal pertandingan dan mereka berdua sudah keluar."

Hendo adalah kapten di lapangan saat itu jadi dia adalah orang yang membuat keputusan. Jika saya adalah Dom sebagai penyerang tengah, saya mungkin tidak akan merelakannya dengan mudah," tambahnya.

Respons Henderson

Sikap Henderson tentu bisa mengganggu harmonisasi Timnas Inggris. Padahal Piala Eropa 2020 sudah di depan mata.

Namun Henderson sendiri tak menganggap polemik ini sebagai masalah yang serius. Ia punya alasan kuat untuk ngotot menjadi eksekutor penalti.

“Saya percaya diri tetapi itu adalah penyelamatan yang bagus dan bukan penalti yang bagus. Namun saya tidak terlalu terganggu meski akan menyenangkan untuk menutup comeback dengan sebuah gol,” kata Henderson kepada BBC.

Timnas Inggris Jordan henderson Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan