Polemik soal Timnas Israel U-20, Zainudin Amali Serahkan ke Kemenko Polhukam

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 16 Maret 2023
Polemik soal Timnas Israel U-20, Zainudin Amali Serahkan ke Kemenko Polhukam
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (tengah) saat memberikan keterangan kepada awak media di GBK Arena, Jakarta. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali melempar bola panas ke Kementerian Politik Bidang Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) terkait keikutsertaan timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Ajang tersebut akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Amali menjelaskan bahwa PSSI sudah berkoordinasi dengan pemerintah lewat Kemenko Polhukam terkait masalah tersebut. PSSI, kata Amali, hanya mengikuti aturan yang berlaku.

"Di sana sudah ada timnya yang dibentuk Kemenko Polhukam. Kita berjalan sesuai dengan hukum," kata Zainudin Amali, Kamis (16/3).

Kedatangan Timnas Israel U-20 ke Tanah Air memang menjadi polemik. Pasalnya, Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Pemerintah Indonesia.

Baca Juga:

PSSI Setor 50 Nama Pemain Timnas Indonesia U-22 Proyeksi SEA Games 2023 ke NOC

Presiden AFC Titip Pembenahan PSSI dan Sepak Bola Indonesia di Tangan Erick Thohir

Dubes Palestina Sebut Kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20 adalah Ketentuan FIFA

Namun, karena hal itu tidak berkaitan dengan urusan sepak bola, maka PSSI akan tetap mengakomodir Israel U-20 sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023.

"PSSI hanya mengurus persiapan tim nasional dan LOC (Local Organizing Committee). LOC itu tugasnya teknis penyelenggaraan," ujar Amali.

"Jadi kalau kalian ingin bertanya soal itu (kedatangan Israel U-20), tepatnya di Kemenko Polhukam," tutur mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu.

Amali menegaskan bahwa hadirnya Israel di Piala Dunia U-20 2023 tidak serta merta mengubah sikap dan posisi Indonesia terhadap perjuangan Palestina.

"Kalian juga sudah membaca pernyataan dari Dubes Palestina untuk Indonesia, 'kan?," tanya Amali.

Sebelumnya, Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, menjelaskan bahwa kedatangan Israel ke Indonesia sudah merupakan ketentuan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dia yakin bahwa Indonesia selalu mendukung Palestina.

"Ini beda isu (politik dan olahraga). Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu," ujarnya dikutip dari Republika.

Israel U-20 lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah menjadi runner-up Piala Eropa U-19 2022. Untuk diketahui, Eropa berhak mengirimkan lima wakilnya ke ajang tersebut.

Selain Israel, empat tim Eropa yang juga bakal berlaga di ajang paling akbar untuk kelompok tim nasional U-20 itu di antaranya Inggris, Prancis, Italia, dan Slovakia. Empat tim pertama merupakan semifinalis Piala Eropa U-19 2022, sedangkan Slovakia lolos lewat jalur play-off usai menyingkirkan Swiss.

Zainudin Amali Pssi Piala dunia u-20 Israel Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.238

Bagikan