Polri Bicara soal Pemberian Izin Liga 1 Setelah Evaluasi Piala Menpora

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 27 April 2021
Polri Bicara soal Pemberian Izin Liga 1 Setelah Evaluasi Piala Menpora
Persija Vs Persib di leg pertama final Piala Menpora 2021. (Media Persija)

BolaSkor.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih akan mengkaji pemberian izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan 2 2021. Hal ini seperti disampaikan oleh Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto.

Polri yang diwakili Imam mengikuti evaluasi turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Pertemuan di Kemenpora itu juga dihadiri perwakilan dari Satgas COVID-19.

Itu selain Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, serta Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru sekaligus Ketua Organizing Committee Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga:

Tutup Pintu bagi Mantan, Persebaya Datangkan Pemain Asing Baru

Tidak Sesuai Harapan, Persib Coret Farshad Noor

Pemberian izin oleh pihak kepolisian menjadi pembicaraan lagi, menyusul rencana PSSI menggulirkan kompetisi Liga 1 mulai 3 Juli. Apalagi setelah timbulnya kerumunan suporter di Jakarta dan Bandung pasca final Piala Menpora 2021, yang memunculkan Persija Jakarta sebagai juara.

Kerumunan di Jakarta tak lepas dari euforia gelar juara yang diperoleh Persija. Sementara di Bandung muncul karena kekecewaan, yang menyebabkan terjadinya aksi pelemparan ke kantor Persib (Graha Persib) dan perusakan kendaraan pelat B. Padahal Menpora, PSSI, klub, hingga kelompok suporter sudah mengingatkan agar kegiatan yang menimbulkan kerumunan untuk tidak dilakukan.

Menurut Imam Sugianto, kerumunan di Jakarta terutama di Bundaran HI menjadi bahan pertimbangan. Polri juga menunggu rekomendasi Satgas COVID-19 sebagai pelengkap untuk pemberian izin.

"Kejadian di Bandung juga, di cafe, ada ungkapan kekecewaan Bobotoh dan sudah diamankan 8 orang, dilakukan pemeriksaan lanjut oleh Polda Jawa Barat," jelasnya.

"Terkait izin, ini menjadi kajian. Hasil rapat, bagaimana mengelola adik-adik kita suporter, kita tunggu konkret dari seluruh stakeholder pihak terkait. Apabila dikendalikan dengan baik, itu poin pemberian izin," tambahnya.

Pada prinsipnya, Asops Kapolri menjelaskan bahwa penyelenggaraan pramusim Piala Menpora berlangsung sukses, sesuai evaluasi penyelenggaraan, pengamanan, dan protokol kesehatan. Namun Polri menyayangkan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Polri melakukan pendalaman terkait hal itu.

Adapun Satgas COVID-19 mengapresiasi penyelenggaraan turnamen yang berjalan baik dan masih menunggu laporan terkait kemungkinan peningkatan kasus, sakit, atau kontak dekat.

"Ini penting jadi bukti bahwa penyelenggaraan baik dalam kegiatan atau pelaksanaan 3M berjalan sesuai," terang Ginting.

PT LIB Piala menpora Liga 2 PT Liga Indonesia Baru Polri Liga 1 Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan