BolaSkor.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akhirnya mengeluarkan izin penyelenggaraan pertandingan Liga 1 dan 2 2021. Hal ini seperti disampaikan oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Senin (31/5).

Itu setelah lebih dulu melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Amali menyebut bahwa pertemuan di Mabes Polri untuk meneruskan permohonan izin Liga 1 dan Liga 2 2021-2022.

"Seperti disampaikan bapak Menpora, beberapa waktu lalu kami mendapat surat terkait penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Beberapa diskusi dilakukan dan kita lanjutkan diskusi tersebut pada saat kami bertemu dengan bapak Menpora hari ini," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Senin (31/5) sore.

Baca Juga:

Liga 1 dengan Degradasi, Kekhawatiran Pelatih Persebaya Sirna

Gelandang Bali United Siap Jalani Sistem Baru Kompetisi Liga 1 2021

"Saat ini kita semua sedang hadapi situasi pandemi. Seluruh negara berlomba mengendalikan laju perkembangan COVID-19 agar bisa ditekan semaksimal mungkin. Ini juga berdampak pada situasi pertumbuhan ekonomi."

"Oleh karena itu penyelenggaraan liga sepak bola beberapa waktu lalu, menjadi bagian evaluasi kami agar kali ini bisa diberikan izin atau tidak. Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus. Satu hal yang disayangkan di akhir kegiatan, terjadi arak-arakan dan itu potensial timbulkan cluster COVID-19," tambahnya.

Polri memberikan izin dengan sejumlah catatan. "Kami memutuskan dengan beberapa catatan, bahwa keselamatan manusia hukum tertinggi dan harus senantiasa ditegakan."

"Oleh karena itu dari hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian, dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat. Kegiatan akan kita evaluasi. Pelanggaran terhadap protokol kesehatan akan berpengaruh terhadap proses pelaksaaan liga," jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kemudian memberikan berkas izin kepada Menpora Zainudin Amali.

Sesuai rencana terakhir PSSI, Liga 1 2021 akan digulirkan mulai 10 Juli dari semula di interval waktu 3-7 Juli. Hal ini tak lepas dari agenda dua klub Indonesia yakni Persipura Jayapura dan Bali United di Piala AFC 2021, yang berlaga 29 Juni sampai 6 Juli.

Liga 1 2021 direncanakan bergulir hingga Maret 2022. Sistem bubble to bubble dengan format seri akan diterapkan.

Adapun Liga 2 dijadwalkan berjalan dua minggu setelah start Liga 1. Kompetisi kasta kedua akan berlangsung sampai Desember 2021.