BolaSkor.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 telah resmi bergulir. Banyak asa dan ambisi yang dipertaruhkan para atlet dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Namun, mantan perenang nasional Shelly Selowati, meningatkan para atlet Indonesia tak terbuai dengan prestasi di PON. Ujian sebenarnya justru ada saat tampil di pentas internasional.

“Setiap atlet pasti tidak ingin hanya jago kandang saja. Pasti ingin berprestasi lebih, sampai Olimpiade. Karena itu aturannya harus jelas, harus mengacu pada aturan internasionalnya," ujar Shelly.
PON yang sudah berjalan selama ini menurutnya kadang tidak sesuai dengan aturan internasionalnya. Padahal dengan mengacu ke aturan internasionalnya, atlet justru dinilainya bisa berbicara lebih di level yang lebih tinggi.

Apa yang dilihat Shelly selama ini, PON dinilainya masih banyak politisnya. Ia berharap PON Papua ini akan berbeda dan jauh lebih baik penerapannya.

“Jadi PON ini kan seperti Olimpiadenya olahraga di skala nasional. Jadi bagusnya mengikuti siklus Olimpiade, tetapi dengan jadwal yang disesuaikan,” ujar Shelly.

“Karena PON bisa jadi ajang persiapan untuk mengikuti kejuaraan lainnya hingga menuju Olimpiade. Misalnya Olimpiade di Oktober, PON harusnya setahun sebelumnya. Jadi atlet bisa mengukur sejauh mana kapasitasnya unruk menuju ajang tertinggi, Olimpiade,” imbuhnya.