BolaSkor.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 benar-benar menjadi pesta yang bisa dinikmati semua atlet. Tak hanya olahraga yang sudah kadung masyur, modern penthathlon juga bersiap unjuk gigi.

Modern penthathlon akan menggelar pertandignan eksibisi pada PON Papua 2021. Diharapkan keberadaan modern penthathlon bisa lebih dikenal lewat ajang empat tahunan ini.

“Saat ini kami sedang menyiapkan venue pertandingan, dan telah selesai technical meeting. Sehari sebelum eksibisi dimulai venue akan di uji coba lapangan oleh para peserta untuk tiga disiplin cabor (renang, lari, dan menembak). Sementara disiplin cabor berkuda dan anggar tidak diperlombakan," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI) Castor J. Tindage.

Sejauh ini, menurutnya belum ada hambatan yang berarti, hanya kendala kedisiplinan dari panpel lokal saja menurutnya. Hingga handicapnya dinilai tidak besar, karena pihaknya dibantu oleh batalion.

"Untuk PON hanya menyertakan atlet level dua. Karena ini juga untuk persiapan menuju Asian Games di Tiongkok tahun depan," tambahnya.

Laga eksibisi dijadwalkan berlangsung pada 8-9 Oktober 2021 di Yonif 751 Sentani, Kab. Jayapura.

Sebanyak 34 atlet datang dari delapan provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua. Hanya atlet level dua yang diperolehkan ikut dalam gelaran ini.

Atlet level dua ini adalah atlet daerah, atau atlet SEA Games yang belum mendapatkan medali. Sementara atlet level Asia Tenggara yang sudah mendapatkan medali tidak boleh diturunkan.

Meskipun cabor modrn pentatholin ada lima disiplin olahraga, namun di PON ini, hanya tiga disiplin olahraga yang dimainkan. Ada enam nomor yang akan memperebutkan enam set medali emas, yakni triathle putra putri, laser run putra putri, mix relay triathle, dan mix relay laser run.