BolaSkor.com - Liverpool meraih kemenangan besar 4-1 pada laga leg kedua perempat final Liga Champions 2018-2019, di Estadio do Dragao, Rabu (17/4) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Hasil itu memastikan The Reds melangkah ke semifinal.

Liverpool yang punya modal keunggulan 2-0 pada pertemuan pertama melakukan perubahan dengan memainkan Divock Origi menggantikan Roberto Firmino. Sementara itu, Porto masih mengandalkan Moussa Marega untuk mencetak gol.

Porto lebih banyak menekan pada babak pertama. Total, tuan rumah melepaskan 15 tembakan, sedangkan Liverpool 10 tembakan lebih sedikit.

Hanya dalam tempo kurang dari 10 menit setelah kick off, Marega mendapatkan dua peluang untuk membawa Porto unggul. Sayangnya, aksi Alisson di bawah mistar gawang masih menjadi batu sandungan.

Marega kembali mengancam pertahanan Liverpool pada menit ke-16. Beruntung, Virgil van Dijk berjasil memotong umpan yang dikirimkan.

Asyik menyerang membuat Porto melupakan pertahanannya. Hasilnya, sotekan Sadio Mane di depan gawang usai menerima umpan Mohamed Salah merobek jala gawang Portitas Dragoes pada menit ke-26. Gol tersebut sempat dianulir hakim garis, namun setelah melihat tayangan VAR gol disahkan.

Porto yang tersentak berusaha menyamakan kedudukan. Namun, hingga memasuki interval tidak ada lagi gol yang tercipta.

Baca juga:

Sukses Strategi Klopp dan Blunder Eksperimen Sarri

Manajer Legendaris Manchester United Pilih Liverpool Menangi Premier League

Porto Vs Liverpool

Liverpool dan Porto sama-sama melakukan pergantian pemain pada awal babak kedua. The Reds memasukkan Firmino menggantikan Origi. Sedangkan, lini depan Porto mendapatkan suntikan tenaga anyar dalam diri Tiquinho.

Lini pertahanan Porto kembali lengah pada menit ke-65. Berawal dari serangan balik cepat, Trent Alexander-Arnold mengirimkan umpan akurat pada Salah. Dengan tenang, pemain tim nasional Mesir tersebut mengecoh Iker Casillas.

Hanya tiga menit berselang, Porto akhirnya bisa mencetak gol. Tandukan keras Eder Militao yang memanfaatkan umpan Alex Telles gagal dihentikan Alisson. Skor 2-1 untuk Liverpool.

Namun, skor 2-1 tidak bertahan lama. Pada menit ke-77, umpan silan Jordan Henderson diselesaikan Firmino untuk menjadi gol ketiga Liverpool pada pertandingan tersebut.

Porto semakin terbenam usai Van Dijk mencetak gol pada menit ke-84. Penggawa timnas Belanda tersebut menyelesaikan skema sepak pojok yang dikreasikan Mane.

Porto terus berupaya mencetak gol hingga akhir pertandingan, namun skor 4-1 untuk kemenangan Liverpool tetap bertahan.

Dengan hasil tersebut, Liverpool berhak melaju ke semifinal usai unggul agregat 6-1. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu sudah ditunggu Barcelona yang menyisihkan Manchester United pada babak perempat final.

Susunan pemain:

Porto: Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona (Fernando Santos 78'), Hector Herrera (c), Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi (Bruno Costa 81'), Moussa Marega, Otavio (Tiquinho 46')

Pelatih: Sergio Conceicao

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold (Joseph Gomez 66'), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Jordan Henderson 71'); James Milner (c), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino 46'), Sadio Mane

Pelatih: Jurgen Klopp

Wasit: Danny Makkelie