Portugal 1-0 Maroko: Ronaldo Buat Maroko Tersingkir dari Piala Dunia 2018

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 20 Juni 2018
Portugal 1-0 Maroko: Ronaldo Buat Maroko Tersingkir dari Piala Dunia 2018
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo (Foto: @UEFAEURO)

BolaSkor.com - Determinasi bermain dan semangat juang yang diperlihatkan Maroko di laga kedua Grup B Piala Dunia 2018 berakhir di tangan Portugal. Maroko kalah 0-1 dan tersingkir dini di fase grup, menyusul kekalahan 0-1 dari Iran di laga pertama Grup B.

Fernando Santos, pelatih timnas Portugal, menerapkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Goncalo Guedes dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Guedes diberi peran bebas untuk menjemput bola dan turut mengalirkan serangan Portugal, sementara Ronaldo lebih dekat dengan area kotak penalti Maroko.

Sedangkan Maroko asuhan Herve Renard bermain dengan taktik 4-2-3-1, mengandalkan koleksi pemain-pemain Eropa mereka seperti Younes Belhanda, Hakim Ziyech, Nordin Amrabat, dan Achraf Hakimi.

Sedari awal pertandingan, Maroko yang sangat membutuhkan kemenangan pasca kalah 0-1 dari Iran, bermain ngotot dengan tempo tinggi. Namun, justru Portugal yang mencuri keunggulan di menit keempat.

Pencetak golnya? Siapa lagi kalau bukan Ronaldo. Winger Real Madrid berusia 33 tahun mencetak gol keempatnya di Piala Dunia 2018 melalui tandukkan kepala, ketika menyambut bola hasil sepak pojok Joao Moutinho. 1-0 Portugal unggul. Ronaldo kini telah mencetak total 85 gol untuk Portugal dan melalui rekor ikon Hungaria, Ferenc Puskas (84 gol) di pentas internasional.

Maroko sedianya terus meningkatkan intensitas serangan setelah tertinggal. Mereka mengoptimalkan dengan baik serangan dari sisi sayap yang menyulitkan pertahanan Portugal. Akan tapi, penyelesaian akhir dan pertahanan rapat Portugal menyulitkan mereka mencetak gol.

Sampai babak pertama berakhir, skor 1-0 tidak berubah untuk keunggulan Portugal. Kedua kesebelasan berimbang dengan penguasaan bola 50-50, namun, Maroko lebih banyak melakukan operan dan percobaan tendangan. Hanya saja mereka tidak memiliki Ronaldo di dalam timnya.

Permainan serupa tidak berubah di babak kedua. Portugal dengan skema pragmatis ala Santos - serta mengandalkan Ronaldo - masih jadi andalan. Maroko terus menekan pertahanan Portugal untuk coba mencetak gol penyama kedudukan.

Renard sudah memasukkan Ayoub El Kaabi dan Medhi Carcela untuk menambah daya gedor Maroko. Akan tapi, pertahanan Portugal yang digalang Pepe dan Jose Fonte masih sangat solid membendung serangan Maroko.

Memasuki 10 menit terakhir, Portugal tidak lagi ngotot mencetak gol dan lebih banyak mengatur tempo bermain. Santos juga coba membantunya melalui pergantian pemain, dengan memasukkan Bruno Fernandes dan Gelson Martins, menggantikan Bernardo Silva dan Joao Mario.

Lima menit tambahan waktu berakhir di babak kedua. Tidak ada lagi gol yang tercipta. Portugal menang tipis dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Ronaldo.

Susunan Pemain:

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Pepe, Cedric Soares; Joao Mario (Bruno Fernandes 70'), William Carvalho, Joao Moutinho (Adrien Silva 89'), Bernardo Silva (Gelson Martins 59'); Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes

Pelatih: Fernando Santos

Maroko (4-2-3-1): Munir Mohamedi; Achraf Hakimi, Manuel da Costa, Medhi Benatia, Nabil Dirar; Mbark Boussoufa, Karim El Ahmadi (Faycal Fajr 86'), Hakim Ziyech, Younes Belhanda (Mehdi Carcela 75'), Nordin Amrabat; Khalid Boutaib (Ayoub El Kaabi 69')

Pelatih: Herve Renard

Breaking News Piala Dunia 2018 Timnas Portugal Timnas Maroko Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan