Portugal 3-2 Ghana: Drama Lima Gol dan Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 25 November 2022
Portugal 3-2 Ghana: Drama Lima Gol dan Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo
Portugal 3-2 Ghana (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Portugal mengawali laga pertama grup H Piala Dunia 2022 melawan Ghana di Stadium 974, Kamis (24/11) malam WIB, dengan raihan tiga poin. Portugal menang 3-2 dan Cristiano Ronaldo mengukir rekor.

Sebagaimana dikutip dari Squawka, Ronaldo jadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol di lima turnamen berbeda.

Fernando Santos menurunkan formasi 4-3-3. Cristiano Ronaldo menjadi starter didampingi Joao Felix dan Otavio di lini depan. Sementara mesin di lini tengah Portugal diisi oleh Ruben Neves, Bernardo Silva, dan Bruno Fernandes.

Dengan kualitas individu yang dimiliki Portugal mereka mendominasi permainan. Ghana bertahan dan coba mengandalkan serangan balik. Ghana meladeni permainan Portugal dengan baik terutamanya karena mereka bermain dengan taktik 5-4-1.

Baca Juga:

Swiss 1-0 Kamerun: Rossocrociati Menang Susah Payah

Uruguay 0-0 Korsel: Duel Sengit Nihil Gol

Statistik di Balik Performa Gemilang Gavi, Pemecah Rekor Piala dunia 2022

Paruh pertama berakhir imbang tanpa gol dan tidak banyak peluang yang tercipta. Peluang nyata di Stadium 974 terjadi dari Cristiano Ronaldo, tetapi urung menjadi gol dan juga ditepis oleh kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

Drama dan keseruan pertandingan baru terjadi di babak kedua. Portugal terlebih dahulu unggul di menit 65. Penalti diberikan kepada Portugal setelah wasit meyakini adanya pelanggaran dari Mohammed Salisu kepada Ronaldo.

Ronaldo mengeksekusi penalti dan membawa Portugal unggul. Ghana tidak menyerah dan mampu menyamakan kedudukan di menit 73. Berawal dari serangan yang dibangun Mohammed Kudus, ia memberikan umpan silang yang dikonversi jadi gol oleh Andre Ayew. 1-1.

Ghana terlalu asyik menyerang dan pertahanan mereka terbuka. Hasilnya Portugal kembali unggul di menit 78 dari serangan balik kala operan Fernandes diterima Joao Felix dan berbuah gol. 2-1 Portugal unggul.

Portugal 'membunuh' laga dengan gol ketiga di menit 80. Rafael Leao, yang baru masuk dari bangku cadangan, menerima assist dari Fernandes dan mengonversinya jadi gol ke gawang yang dijaga Ati-Zigi. 3-1 Portugal menjauh.

Ghana tidak menyerah begitu saja. Pada menit 89 Abdul-Rahman Baba mengirim umpan silang dari sisi sayap dan bola ditanduk oleh Osman Bukari, yang juga baru masuk di babak kedua. Ghana memperkecil kedudukan 2-3.

Waktu tambahan berjalan sampai 10 menit dan Ghana sudah berusaha mencetak gol kembali. Akan tapi dewi fortuna tak berpihak kepada mereka. Skor akhir 3-2 untuk kemenangan timnas Portugal.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafael Leao 77'), Bernardo Silva (Joao Palhinha 88'), Bruno Fernandes; Otavio (William Carvalho 56'), Joao Felix (Joao Mario 88'), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88').

Pemain Cadangan: Rui Patricio, Diogo Dalot, Pepe, Joao Palhinha, Andre Silva, Jose Sa, William Carvalho, Rafael Leao, Vitinha, Joao Mario, Ricardo Horta, Matheus Nunes, Antonio Silva, Goncalo Ramos.

Pelatih: Fernando Santos

Ghana (5-4-1): Lawrence Ati-Zigi; Alidu Seidu (Tariq Lamptey 66'), Daniel Amartey, Alexander Djiku (Antoine Semenyo 90+2'), Mohammed Salisu, Abdul-Rahman Baba; Mohammed Kudus (Osman Bukari 77'), Thomas Partey, Salis Abdul Samed (Goncalo Ramos 90+2'), Andre Ayew (Jordan Ayew 77'); Inaki Williams.

Pemain Cadangan: Tariq Lamptey, Denis Odoi, Elisha Owusu, Adbul Issahaku, Daniel-Kofi Kyereh, Jordan Ayew, Osman Bukari, Ibrahim Danlad, Daniel Afriyie, Gideon Mensah, Joseph Aidoo, Abdul Nurudeen, Kamaldeen Sulemana, Kamal Sowah, Antoine Semenyo.

Pelatih: Otto Addo

Portugal Timnas Portugal Ronaldo Cristiano Ronaldo Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.169

Bagikan