Portugal 4-1 Kroasia: Tanpa Cristiano Ronaldo, Joao Felix Tampil Gemilang dalam Peran False 9

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 06 September 2020
Portugal 4-1 Kroasia: Tanpa Cristiano Ronaldo, Joao Felix Tampil Gemilang dalam Peran False 9
Joao Felix merayakan golnya kontra Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan UEFA Nations League timnas Portugal mengawali laga pertama grup 3 Liga A kontra Kroasia di Estadio do Dragao, Minggu (06/09) dini hari WIB dengan hasil yang fantastis. Portugal menang telak 4-1.

Empat gol kemenangan Portugal dilesakkan oleh Joao Cancelo (41'), Diogo Jota (58'), Joao Felix (70'), dan Andre Silva (90+4') yang dibalas gol Bruno Petkovic di menit 90+1. Portugal mendominasi permainan dengan 57 persen penguasaan bola.

Total Portugal melesakkan 27 percobaan tendangan dan 11 di antaranya tepat sasaran. Fernando Santos memainkan taktik 4-3-3 tanpa Cristiano Ronaldo yang absen karena kaki yang terinfeksi - kabarnya karena sengatan lebah.

Sebagai gantinya Santos memainkan Felix sebagai false 9 alias penyerang semu di depan yang didampingi oleh Diogo Jota dan Bernardo Silva. Sedangkan trisula lini tengah diisi Joao Moutinho, Danilo Pereira, dan Bruno Fernandes.

Baca Juga:

Hasil Laga UEFA Nations League: Inggris Atasi Islandia, Portugal Menang Telak Tanpa Cristiano Ronaldo

Musim Pertama Rekor Transfer Atletico Madrid Lebih Baik dari Sergio Aguero

Bukti Joao Felix Tapaki Jalan Kesuksesan Cristiano Ronaldo

Para pemain Portugal merayakan gol Joao Felix

Kemenangan yang diraih Portugal semakin bertambah spesial bagi Felix dan Jota karena mereka mencetak gol pertama untuk timnas. Felix (20 tahun) melesakkan gol dengan sepakan kerasnya ke gawang Dominik Livakovic.

"Saya telah menantikan gol itu di banyak pertandingan. Bola telah membentur tiang atau penjaga gawang melakukan penyelamatan hebat. Kali ini, (bola) masuk dan saya sangat senang dengan gol pertama (untuk Portugal)," tutur Felix dikutip dari Marca.

Kroasia bermain tanpa dua gelandang senior Ivan Rakitic dan Luka Modric serta penyerang sayap andalan Ivan Perisic. Meski begitu menurut Felix tidak mudah mengalahkan Kroasia. Tak ayal pemain Atletico Madrid itu puas dengan kemenangan yang diraih timnya.

"Kami memainkan pertandingan hebat melawan runner-up Piala Dunia (2018) dan menang 4-1 adalah hasil yang bagus. Itu tidak mudah, tapi kami menciptakan banyak peluang," tambah Felix.

"Ada tiga poin penting karena sangat bagus untuk memulai (Nations League) dengan kemenangan. Ada berbagai pemain yang datang langsung dari liburan mereka, tetapi tim sangat bagus. Kami memiliki grup yang sangat bersatu dan itu membantu," urai dia.

Dalam peran false nine Felix dapat memancing pertahanan lawan untuk memberikan ruang bagi rekan setim. Selain itu Silva dan Jota juga bisa berkreasi di sisi sayap untuk melakukan penetrasi ketika lawan fokus ke Felix.

Breaking News Joao Felix UEFA Nations League Timnas Portugal Timnas Kroasia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan